Karir Terbaik Lorenzo, Pernah Juara Dunia MotoGP 3 Kali

Kompas.com - 15/11/2019, 06:52 WIB
 Jorge Lorenzo Guerrero itu merupakan tiga kali juara dunia MotoGP yakni pada 2010, 2012 dan 2015 Foto: Zimbio Jorge Lorenzo Guerrero itu merupakan tiga kali juara dunia MotoGP yakni pada 2010, 2012 dan 2015
|

VALENCIA, KOMPAS.com - Jorge Lorenzo memutuskan pensiun sebagai pebalap di MotoGP mulai musim depan. Salah satu alasan keputusan itu diambil, karena kecelakaan besar yang terjadi di GP Assen, sampai mengakibatkan tulang punggungnya cedera.

Lorenzo sendiri merupakan nama besar di MotoGP. Pebalap bernama Jorge Lorenzo Guerrero itu pernah tiga kali juara dunia MotoGP, yakni pada 2010, 2012 dan 2015 yang semuanya diraih bersama Yamaha.

Baca juga: Pernah Putus Jari, Ini Cedera yang buat Perfoma Lorenzo Melempem

Jorge LorenzoFoto: Crash.net Jorge Lorenzo

Pebalap berkebangsaan Spanyol itu memulai debut di kelas premier pada 2008. Dia teken kontak untuk dua musim, yakni 2008-2009 bersama Fiat Yamaha dan menjadi tandem Valentino Rossi.

Pada seri pertamanya di kelas MotoGP 2008 dia langsung merebut pole position. Merupakan orang kedua setelah Max Biaggi melakukan hal sama pada 1998. Sedangkan kemenangan MotoGP pertamanya, yaitu di Sirkuit Estoril, Portugal 2008.

Jorge LorenzoFoto: MotoGP Brits Jorge Lorenzo

Masuk musim 2009 Lorenzo semakin matang dan berusaha menyaingi Rossi yang saat itu sudah senior. Sepanjang tahun itu, dia berhasil juara di empat seri, masing-masing Jepang, Portugal, Indianapolis, dan Perancis. Pada akhir musim, Lorenzo menjadi runner up klasemen dengan raihan 261 poin.

Selanjutnya, musim 2010 merupakan salah satu tahun terbaik Lorenzo. Dia berhasil merebut gelar juara dunia MotoGP pertamanya, bahkan berhasil mengunci gelar setelah finish ketiga di Sepang, Kuala Lumpur di belakang Rossi dan Andrea Dovizioso.

Baca juga: Lorenzo Tetap Anggap Rossi Sebagai Primadona MotoGP

Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, berada di paddock Sirkuit Americas, Austin, pada sesi latihan bebas kedua GP Americas, Jumat (10/4/2015).CRASH.NET Pebalap Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo, berada di paddock Sirkuit Americas, Austin, pada sesi latihan bebas kedua GP Americas, Jumat (10/4/2015).

Sejak 2010 hubungannya dengan Rossi menjadi renggang. Rossi kemudian hengkang ke Ducati meski akhirnya kembali lagi ke Yamaha. Pada 2012, Lorenzo kembali keluar sebagai juara dunia MotoGP kedua kali.

Persaingan Lorenzo dan Rossi terus berlanjut pada 2015. Tahun di mana Lorenzo mengunci gelar juara dunia ketiganya. Keduanya sedang panas-panasnya. Bahkan paddock keduanya di Yamaha sampai penah disekat.

Pebalap Ducati Jorge Lorenzo.MOTORSPORT.com Pebalap Ducati Jorge Lorenzo.

Persaingan Lorenzo dan Rossi pada 2015 bahkan menyeret Marc Marquez di pusaran. Puncaknya pada GP Sepang, Rossi menjatuhkan Marquez karena dianggap memberikan keuntungan buat Lorenzo.

Akibat insiden itu Rossi harus start dari paling belakang di seri terakhir Valencia. Padahal saat itu dia punya kans untuk jadi juara dunia. Tapi kemudian pupus. Di satu sisi, persaingan Lorenzo dan Rossi mereda tapi justru meruncing antara Rossi dengan Marquez.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X