Laporan Langsung dari EICMA 2019, Milan Italia

Jumpa Honda CB1000R Terbaru yang Lebih Buas

Kompas.com - 08/11/2019, 09:02 WIB
KOMPAS.com / Aditya Maulana

MILAN, KOMPAS.com - Salah satu sepeda motor yang diluncurkan Honda di ajang EICMA (Esposizione Internazionale Ciclo Motociclo e Accessori) 2019 di Milan, Italia, yakni CB1000R. Model ini mengalami sejumlah ubahan termasuk sektor jantung pacu.

Dibandingkan dengan model sebelumnya, motor besar ( moge) yang mengusung konsep neo sport cafe ini lebih buas, karena memiliki tenaga lebih besar, hingga 16 persen dan torsi meningkat 5 persen.

Baca juga: Honda CRF1100L Africa Twin Pasti Dijual di Indonesia

Peningkatan tenaga itu berkat mesin berkubikasi 998 cc DOHC, empat silinder. Jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga maksimal 143 tk pada 10.500 rpm dan torsi puncak 104 Nm pada 8.250 rpm.

KOMPAS.com / Aditya Maulana

Selain itu didukung juga dengan suspensi depan yang menggunakan Showa model upside down dengan Front Big Piston (SFF-BP) dan monoshock belakang Showa.

Penggunaan rangka menggunakan model baja mono-backbone, untuk konstruksinya gunakan pelat pivot alumunium yang dapat menguragi bobot mencapai 2,5 kg.

Baca juga: Meluncur di EICMA 2019, Ini Spek Moge Terlaris Honda di Indonesia

Sistem pengereman pada bagian depan menggunakan kaliper ganda dengan empat piston yang menggigit cakram berukuran 310 mm.

KOMPAS.com / Aditya Maulana

Selanjutnya sistem pencahayaan, sudah menggunakan full LED untuk lampu bagian depan dan juga bagian belakang.

Sistem pengereman untuk bagian belakang menggunakan kaliper dua piston dan cakram berukuran 256 mm plus dilengkapi sistem ABS.

KOMPAS.com / Aditya Maulana

Penggunaan ban belakang lebih besar dari sebelumnya, yaitu 120/55 ZR17 dengan pelek 6 inci dan ban depan 120/70 ZR17.

KOMPAS.com / Aditya Maulana

Sedangkan untuk bore x stroke tetap menggunakan ukuran 75 mm x56,5 mm, tetapi rasio kompresinya naik 0,4 menjadi 11,6:1.

KOMPAS.com / Aditya Maulana

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X