Honda Monkey di Indonesia Tidak Kena Recall

Kompas.com - 07/11/2019, 13:42 WIB
-
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Sebanyak 645 unit Honda Monkey di Amerika Serikat (AS) ditarik kembali atau terlibat recall karena adanya cacat produksi rak bagasi belakang.

Langkah tersebut diputuskan setelah National Highway Traffic Safety Administration (NHTSA) atau Badan Keselamatan Jalan Raya AS menemukan adanya potensi rak belakang Monkey jatuh saat bergerak sehingga membahayakan pengendara lain.

Namun masalah ini tidak berlaku untuk unit yang dipasarkan di Indonesia. Sebab, Monkey yang dijual di tanah air sejak GIIAS 2019 lalu tidak menggunakan aksesori serupa.

Baca juga: Honda CR-V Off-Road Nongkrong di SEMA Show 2019

Gilang Satria/Kompas.com

"Seluruh unit yang kita tawarkan itu tidak menggunakan aksesori rak bagasi belakang, sehingga seharusnya tidak ada masalah. Sejauh ini kami juga belum mendapatkan informasi dari Honda Thailand, selaku eksporitr unit Monkey untuk Indonesia," kata Technical Service Divison PT Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno saat dikonfirmasi Kompas.com, Jakarta, Kamis (7/11/2019).

Sebagai informasi, Monkey yang ditawarkan untuk pasar Indonesia memiliki kode sama dengan yang berada di Eropa, yakni ED/In. Namun, masing-masing unit memiliki spesifikasi teknis yang berbeda.

"Misalnya aksesori rak belakang itu, di Indonesia sejak pertama kali diperkenalkan memang tidak ada. Kita memakai standar. Kalau dibandingkan dengan Monkey Taiwan, berbeda lagi. Kita memiliki Answer Back Buzzer," ujarnya.

"Demi memastikan informasi recall ini, kita akan terus komunikasikan dengan pihak Thailand. Sejauh ini bisa kita katakan tidak berpengaruh (unit Monkey yang di Indonesia)," kata Endro.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X