Begini Cara Mengatasi Rantai Motor Berisik

Kompas.com - 30/10/2019, 13:02 WIB
Rantai motor yang ideal. ddoci.wordpress.comRantai motor yang ideal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasuki musim hujan, rantai sepeda motor menjadi lebih sering mengeluarkan suara berisik. Tentu, hal tersebut cukup mengganggu kenyamanan berkendara.

Suara berisik pada rantai motor ini muncul karena kotor maupun kering atau kaku. Hal itu disebabkan rantai sering terkena genangan air atau debu lengket.

Technical Division PT Astra Honda Motor Endro Sutarno mengatakan, untuk menghilangkan suara berisik dari rantai tidaklah sulit. Pemilik kendaraan cukup membersihkannya dan menggunakan pelumas.

"Pelumasan pada rantai motor itu penting. Sebaiknya dilakukan tiap minggu jika kendaraan tersebut digunakan setiap hari, apalagi di musim hujan," katanya saat berbincang bersama Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tips Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan, Perlukah Ban Basah?

Polisi ingatkan etika saat naik motor.Divisi Humas Polri Polisi ingatkan etika saat naik motor.

Jika kotoran tidak dibersihkan, maka yang terjadi adalah rusaknya rantai. Sebab, kotoran akan menggumpal.

Cara membersihkan rantai motor bisa dilakukan dengan melumasi rantai dengan pelumas khusus (chainlube). Jika rantai masih bunyi, itu menandakan bahwa perlu dilakukan penyetelan kembali karena kendur.

Hindari penggunaan oli bekas atau gemuk untuk melumasi rantai, karena dapat mengundang kotoran semakin menempel pada rantai.

"Rantai itu juga menentukan usia pakai motor. Jadi penting untuk merawatnya," ujar Endro.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X