Tips Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan, Perlukah Ban Basah?

Kompas.com - 10/10/2019, 18:22 WIB
Ilustrasi berkendara saat hujan kadintiyatrosu.orgIlustrasi berkendara saat hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan memasuki musim penghujan. Untuk menghindari risiko kecelakaan saat berkendara, pemilihan ban motor juga perlu diperhatikan.

Tak sedikit kasus kecelakaan motor yang terjadi di musim hujan yang diakibatkan karena ban yang licin, baik itu kecelakaan tunggal maupun kecelakaan yang melibatkan orang lain.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, Jangan Lupakan Barang-barang Wajib Pemotor

Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (FDR Tire), mengatakan, untuk musim hujan sebaiknya memilih ban yang memiliki pattern atau kembangan yang berfungsi sebagai alur pembuangan air.

Ilustrasi sepeda motor saat musim hujanwww.dolmanlaw.com Ilustrasi sepeda motor saat musim hujan

"Jangan memakai ban dengan jenis kembangan untuk jalan kering, seperti kembangan yang minimalis atau bahkan slick (ban balap)," ujar Jimmy, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jimmy menambahkan, baik itu tube type (dengan ban dalam) atau tubeless (tanpa ban dalam), biasanya di setiap ban ditulis peruntukkannya, wet (basah), dry (kering), atau wet & dry (basah dan kering).

Baca juga: Jas Hujan Ponco Bukan untuk Naik Motor

Namun, meskipun ban yang digunakan sudah mendukung, alangkah baiknya untuk tetap waspada saat berkendara di musim hujan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X