Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan, Perlukah Ban Basah?

Kompas.com - 10/10/2019, 18:22 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia akan memasuki musim penghujan. Untuk menghindari risiko kecelakaan saat berkendara, pemilihan ban motor juga perlu diperhatikan.

Tak sedikit kasus kecelakaan motor yang terjadi di musim hujan yang diakibatkan karena ban yang licin, baik itu kecelakaan tunggal maupun kecelakaan yang melibatkan orang lain.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, Jangan Lupakan Barang-barang Wajib Pemotor

Jimmy Handoyo, Technical Service & Development Department Head PT Suryaraya Rubberindo Industries (FDR Tire), mengatakan, untuk musim hujan sebaiknya memilih ban yang memiliki pattern atau kembangan yang berfungsi sebagai alur pembuangan air.

Ilustrasi sepeda motor saat musim hujanwww.dolmanlaw.com Ilustrasi sepeda motor saat musim hujan

"Jangan memakai ban dengan jenis kembangan untuk jalan kering, seperti kembangan yang minimalis atau bahkan slick (ban balap)," ujar Jimmy, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Jimmy menambahkan, baik itu tube type (dengan ban dalam) atau tubeless (tanpa ban dalam), biasanya di setiap ban ditulis peruntukkannya, wet (basah), dry (kering), atau wet & dry (basah dan kering).

Baca juga: Jas Hujan Ponco Bukan untuk Naik Motor

Namun, meskipun ban yang digunakan sudah mendukung, alangkah baiknya untuk tetap waspada saat berkendara di musim hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com