Laporan Langsung dari Tokyo Motor Show 2019

Peraturan Baru PPnBM, Mobil Murah Kena Pajak 3 Persen, Ini Reaksi Toyota

Kompas.com - 25/10/2019, 16:05 WIB
Toyota Agya di IIMS 2018 KOMPAS.com / Aditya MaulanaToyota Agya di IIMS 2018

TOKYO, KOMPAS.com - Pemerintah resmi menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 73 Tahun 2019 tentang Pajak Penjualan atas Barang Mewah ( PPnBM) Kendaraan Bermotor, pada 16 Oktober 2019. Aturan baru ini akan berlaku dua tahun setelahnya, atau 16 Oktober 2021.

Salah satu yang paling menarik, yaitu LCGC dikenakan PPnBM 15 persen dengan Dasar Pengenaan Pajak sebesar 20 persen dari Harga Jual.

Penjabarannya PPnBM tersebut dikalikan dengan dasar pengenaan pajak (DPP) menjadi 15 persen x 20 persen, sehingga didapat angka 3 persen. Lantas, bagaimana tanggapan dari Toyota yang punya model di segmen ini?

Baca juga: Harmonisasi PPnBM Kendaraan Resmi Terbit, Berlaku Mulai 2021

Executive General Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengatakan, LCGC itu merupakan program pemerintah dan apabila dikenakan pajak maka harus dipelajari lebih lanjut.

Toyota Calya Facelift 2019 Toyota Calya Facelift 2019

Segmen ini, kata pria yang akrab disapa Soerjo memiliki batasan harga dan juga ditetapkan oleh pemerintah.

"Jadi kalau ada kenaikan, kita pasti akan lapor setiap pabrikan. Tiap ada kenaikan harga (LCGC) kita pasti lapor. Pemerintah juga mengaku bahwa kenaikan harga bisa terjadi karena adanya inflasi," ucap Soerjo di Jepang, Jumat (25/10/2019).

Peluncuran Toyota New Calya.Kompas.com/Donny Peluncuran Toyota New Calya.

Soerjo melanjutkan, sejak awal ada kenaikan pun demilian, setiap produsen melaporkan kepada pemerintah dan akan dinilai kenaikannya sesuai atau tidak dengan kondisi terkini.

"Kalau dianggap wajar maka semua pabrikan baru akan mengumumkan kenaikan harga itu ke konsumen," kata Soerjo.

Toyota Agya dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Toyota memberikan potongan harga hingga lima juta rupiah.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Toyota Agya dipamerkan saat acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, Sabtu (19/8/2017). Menjelang penutupan GIIAS stan Toyota memberikan potongan harga hingga lima juta rupiah.

Apabila aturan PPnBM yang baru sudah berlaku, maka mobil murah akan dikenakan pajak sebesar 3 persen, asal memenuhi syarat konsumsi BBM paling rendah 20 kpl atau tingkat CO2 yang dihasilkan sampai dengan 120 g/km untuk kapasitas isi silinder sampai dengan 1.200 cc.

Sementara itu, LCGC lain bermesin diesel atau semi diesel, dengan konsumsi BBM paling rendah 21,8 km/liter dengan tingkat emisi CO2 sampai dengan 120 g/km, untuk kapasitas isi silinder sampai dengan 1.500 cc.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X