Laporan langsung dari Tokyo Motor Show 2019 di Jepang

Toyota Sediakan Robot untuk Atlet Olimpiade 2020

Kompas.com - 23/10/2019, 17:32 WIB
Toyota Field Support Robot toyotaToyota Field Support Robot

Tokyo, KOMPAS.com - Perang teknologi dan mobil baru sudah jadi menu wajib tiap perhelatan Tokyo Motor Show (TMS). Begitu pula yang saat ini dihelat di Tokyo, Jepang, 24 Oktober - 4 November 2019.

Begitu pula dengan Toyota yang memajang robot di perhelatan TMS 2019. Robot Toyota bertugas sebagai sarana pendukung mobilitas manusia, baik untuk para atlet maupun pihak yang mengalami keterbatasan gerak.

Model pertama adalah FSR atau Field Support Robot yang bertugas membantu staf di arena Olympic dan Paralympic Tokyo 2020. Bersama petugas lapangan, FSR mengambil obyek yang dilempar di cabang atletik seperti lembing dan cakram.

Toyota HSRtoyota Toyota HSR
FSR dapat mengenali petugas lapangan via program artificial intelligent (AI) dan mengikutinya untuk mengambil lembing atau cakram. Petugas memasukkan obyek ke dalam FSR dan selanjutnya menepuk bodi robot tersebut. Dengan kecepatan maksimal 20 km/jam, FSR akan kembali ke area pelemparan secara otonom, termasuk menghindar ketika ada rintangan.

Model lainnya adalah HSR yang merupakan kepanjangan dari Human Support Robot. Tugasnya adalah melayani orang sakit, kaum disabilitas, dan para lanjut usia yang mengalami keterbatasan gerak.

Toyota berusaha membuat HSR agar dapat mengerjakan segala jenis pekerjaan, mulai dari yang ringan seperti membawa gelas air, hingga membantu mengatur pola hidup pasien. HSR bekerja memanfaatkan kamera, mikrofon, dan beragam sensor untuk beroperasi yang didukung oleh teknologi AI.

Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X