Cara AHM Didik Siswa Binaannya Mandiri

Kompas.com - 17/10/2019, 19:02 WIB
Bengkel di Astra Motor, hadirkan program khusus untuk wanita. Astra MotorBengkel di Astra Motor, hadirkan program khusus untuk wanita.

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) memiliki berbagai cara untuk membina siswa Sekolah Menengah Kejuruan ( SMK) mitra binaannya agar trampil dan memiliki daya saing tinggi sehingga terserap industri.

Bahkan, bagi siswa yang berminat untuk mendirikan usaha bengkel sendiri pihak AHM akan mendampinginya hingga menjadi salah satu bagian Astra Honda Authorized Service Station (AHASS).

"Bagi seluruh siswa yang sekolah di SMK binaan kami, akan diberikan uji kompetensi untuk mendapatkan sertifikat. Sertifikat tersebut, digunakan sebagai tembusan ke diler atau jaringan kerja Honda untuk melar kerja. Mereka akan dapat prioritas," kata Manager Satu Hati Education Program (SHEP) AHM Gunardi di Jakarta, Rabu (16/10/2019).

Baca juga: Honda ADV 150 Inden Panjang, Ini Alasan AHM

Siswa SMK binaan Honda Astra Motor berkompetisi di Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019KOMPAS.com/Ruly Siswa SMK binaan Honda Astra Motor berkompetisi di Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019

"Namun jika siswa memilih untuk membuka usaha lain, khususnya bengkel kendaraan bermotor, kami akan berikan binaan dan support," ujarnya.

Binaan yang diberikan berupa materi terkait kiat-kiat membuka usaha, penyediaan beberapa alat bengkel, hingga pendanaan. Tapi untuk pendanaan, ada syarat tertentu dan dilakukan oleh jaringan kerja Honda Indonesia, bukan langsung ke AHM.

"Saat ini sekitar 9 siswa yang bengkelnya masih beroperasi, dan cukup baik. Mereka masih menggunakan nama pribadi. Tapi jika sudah dinilai siap menjadi bagian AHASS, pemilik dapat mengajukannya dan tentu, harus mengikuti standar kami," kata Gunardi.

"Terkait siswa yang sudah menjadi tenaga teknisi di bengkel resmi jaringan Honda di Indonesia atau pabrik, sudah sangat banyak mulai dari angkatan pertama. Sekitar 75 persen lulusan SMK langsung terserap ke sini, sisanya mandiri," ujarnya.

Siswa SMK binaan Honda Astra Motor berkompetisi di Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019KOMPAS.com/Ruly Siswa SMK binaan Honda Astra Motor berkompetisi di Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019

Baca juga: Honda BeAT Jadi Motor Paling Diincar Maling, Ini Kata AHM

10 Tahun Astra Honda Skill Contest

Pada kesempatan sama, AHM kembali menggelar kompetisi Astra Honda Skill Contest (AHSC) for Vocational School 2019 untuk menguji ketrampilan siswa serta guru SMK mitra binaannya.

Kompetisi yang sudah dijalankan selama 10 kali ini dihelat agar menyiapkan sumber daya manusia (SDM) unggul yang siap berkontribusi memajukan pendidikan vokasi sekaligus di dunia industri.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X