Beli dari Museum, Mobil Langka Asal AS Ini Dijejali Mesin BMW

Kompas.com - 16/10/2019, 14:01 WIB
Salah satu mobil langka di Kustomfest 2019, Studebaker Champion tahun 1951 Dok. KustomfestSalah satu mobil langka di Kustomfest 2019, Studebaker Champion tahun 1951

JAKARTA, KOMPAS.com - Dari puluhan mobil yang berkompetisi di ajang Kustomfest 2019 beberapa waktu lalu, ada salah satu mobil yang bisa dibilang sangat langka. Mobil tersebut adalah Studebaker Champion buatan tahun 1951.

Dari namanya saja sudah cukup asing. Sebab, mobil buatan Amerika Serikat ini memang tidak banyak diproduksi. Usianya juga tidak panjang, pertama kali diproduksi tahun 1939, lalu tutup di tahun 1958.

Baca juga: Sukses di 2019, Kustomfest 2020 Akan Bawa Konsep Baru

Selama 19 tahun tersebut, Studebaker berhasil menelurkan empat generasi. Mobil yang hadir di Kustomfest 2019 ini adalah generasi yang ketiga. Adalah Andi Kurniawan, dari Old City Garage, selaku pemilik dan juga builder dari mobil klasik bergaya hotrod ini.

Salah satu mobil langka di Kustomfest 2019, Studebaker Champion tahun 1951Dok. Kustomfest Salah satu mobil langka di Kustomfest 2019, Studebaker Champion tahun 1951

"Mobil ini saya dapat dari Bekasi. Tepatnya, dari salah satu museum," ujar Andi, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Uniknya, mobil yang didapat Andi ini lengkap semua bagiannya. Hanya ada satu yang tidak ada, yakni bagian mesinnya.

Baca juga: Kedux Garage Berhasil Rebut Predikat Motor Terbaik Kustomfest 2019

"Untuk mesinnya, kita gunakan mesin dari BMW M10 tahun 1987. Hanya mesin saja, sisanya bawaan asli mobilnya," kata Andi.

Mobil ini sekarang menggendong mesin berkapasitas 1.800 cc. Aslinya, mesin dari Studebaker Champion ini berkapasitas 2.800 cc.

Andi menambahkan, bagian interiornya juga masih asli. Dia hanya melakukan perbaikan berupa penggantian cover saja.

Salah satu mobil langka di Kustomfest 2019, Studebaker Champion tahun 1951Dok. Kustomfest Salah satu mobil langka di Kustomfest 2019, Studebaker Champion tahun 1951

Bagian lainnya juga ada beberapa penggantian. Seperti kaki-kakinya, Andi menyematkan suspensi udara empat titik. Lalu, untuk memperkuat aura hotrod, Andi mengandalkan pelek Fire Wheels.

Unsur modern hanya terdapat pada bagian lampu depannya yang diganti dengan model Daymaker.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X