Batas Aman Motor Terobos Genangan Air saat Musim Hujan

Kompas.com - 11/10/2019, 10:22 WIB
Ilustrasi berkendara musim hujan adiraclubmember.comIlustrasi berkendara musim hujan

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim hujan sudah di depan mata. Biasanya, beberapa daerah ada yang berpotensi terjadi banjir. Sebagai pengendara sepeda motor, tentu harus paham batas aman untuk melewati genangan air agar tidak mengalami mogok.

Ade Rohman, Asisten Manajer Technical Service PT Daya Dicipta Motora (DAM), main dealer Honda di Jawa Barat mengatakan, saat motor melewati genangan air atau banjir, ada risiko mengalami water hammer.

Baca juga: Tips Memilih Ban Motor untuk Musim Hujan, Perlukah Ban Basah?

Water hammer sendiri merupakan kondisi di mana air masuk ke dalam ruang bakar. Air tersebut tidak dapat berkurang volumenya ketika dikompresikan. Sehingga, stang piston (connecting rod) yang kalah dan menjadi bengkok, hingga akhirnya mesin mogok.

Pemeriksaan sepeda motor saat musim hujanAMM Pemeriksaan sepeda motor saat musim hujan

"Perhatikan, jangan sampai genangan air melewati jalur pernapasan mesin," ujar Ade, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Ade menjelaskan, ada tiga hal yang harus dihindari ketika motor terpaksa melewati genangan air yang tinggi, antara lain pernapasan mesin, lubang knalpot, dan lubang saringan udara.

Baca juga: Masuk Musim Hujan, Jangan Lupakan Barang-barang Wajib Pemotor

Ketiga lubang tersebut yang harus bebas dari air untuk menghindari risiko mesin mogok. Ade menambahkan, jika tidak yakin akan ketinggian genangan air, sebaiknya mengambil rute lain yang lebih aman.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X