Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pakai Kacamata Hujan-hujanan Naik Motor, Tak Masalah

Kompas.com - 10/10/2019, 17:30 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pengendara sepeda motor butuh fokus yang tinggi saat berkendara dengan sepeda motor di kondisi hujan. Bahkan mesti ekstra hati-hati lagi jika pengendara itu memakai kacamata.

Seperti diketahui, suhu yang rendah membuat kacamata mudah berembun. Kacamata yang berembun membuat pandangan jadi terbatas. Visibilitas rendah dan jalan licin jadi rawan kecelakaan.

Baca juga: Jas Hujan Ponco Bukan untuk Naik Motor

Head of Safety Riding Promotion Wahana, main dealer motor Honda wilayah Jakarta-Tangerang Agus Sani, mengatakan, sama saja helm full face atau open face, yang penting punya visor untuk melindungi lensa kacamata.

"Jika menggunakan kacamata usahakan selalu dalam kondisi bersih supaya mencegah pengembunan. Selain itu lindungi kacamata dengan menutup visor helm saat kondisi hujan," katanya kepada Kompas.com, Kamis (10/10/2019).

Baca juga: Tips Ringan Usir Embun di Helm saat Hujan

Pengembunan atau kondensasi terjadi karena suhu di dalam ruangan lebih besar dari luar ruangan. Sehingga udara yang ada tidak dapat lagi menahan semua uap air. Kelebihan uap air akan berubah menjadi embun.

Salah satu cara untuk mengatasi embun yaitu yang bisa ditemukan sehari-hari yaitu menggunakan minyak kayu putih atau sabun cuci cair untuk piring.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com