Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Musim Hujan, Banyak Bikers Lebih Sayang Sepatu daripada Kaki

Kompas.com - 10/10/2019, 13:37 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masuk musim penghujan pengendara motor harus lebih sigap. Jas hujan saja tidak cukup, sebab jas hujan tidak menutupi kaki dari air sedangkan jika memakai sepatu pasti akan basah.

Karenanya tak sedikit pemotor yang justru memakai sandal saat berkendara di tengah hujan. Namun dari kacamata safety riding, hal itu salah dan tidak direkomendasikan karena kaki jadi tidak terlindungi.

Baca juga: Tips Pakai Lampu LED Agar Tetap Awas saat Jalan Berkabut

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani, mengatakan, dalam kondisi tersebut memakai sandal justru jadi licin. Keadaan jadi berbahaya jika ada kondisi yang butuh gerakan cepat sedangkan kaki tidak terlindungi.

Sarung sepatu anti air solusi saat berkendara di kondisi hujan. 
KOMPAS.com/Gilang Sarung sepatu anti air solusi saat berkendara di kondisi hujan.

"Saat berkendara dalam kondisi hujan disarankan untuk selalu menggunakan riding gear dengan aman, termasuk sepatu, karena sepatu dapat melindungi kaki kita dari luka fatal jika terjadi kecelakaan, sebagai pelindung sepatu agar tidak basah dapat menggunakan sarung sepatu yang anti air," katanya.

Baca juga: Ini 3 Tips Berkendara Saat Terjebak Demo

Saat ini sudah banyak sarung sepatu anti air. Harganya pun bervariasi dari yang murah sampai mahal, tergantung bahan yang digunakan dan merek yang memproduksi. Sesuaikan dengan kantung masing-masing.

Sedangkan untuk jas hujan, pilih model setelan (two pieces) karena lebih baik melindungi dari air. Di samping itu, jas hujan dua bagian ini juga lebih ergonomis sehingga tidak menggangu gerak pengendara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com