Kupas Detail Taksaka, Motor Terbaik Kustomfest 2019

Kompas.com - 08/10/2019, 09:22 WIB
Motor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux Garage Kompas.com/DonnyMotor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux Garage

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Gelar motor terbaik dalam ajang Kustomfest 2019 berhasil diamankan Kedux Garage dengan motornya, Taksaka, berbasis Harley-Davidson bergaya bobber. Motor ini juga berhasil menyabet banyak gelar juara.

Komang Gede Sentana Putra, builder Kedux Garage, mengatakan, motor ini dibangun berdasarkan gaya yang dianut oleh Shinya Kimura, builder terkenal asal Jepang dari Chabott Engineering.

Baca juga: Pria Asal Madiun Ini Dapat Motor Lotre Kustomfest 2019

"Motor ini terinspirasi dari style-nya Shinya Kimura. Karena bukan style saya, jadi saya mesti masuk ke dunianya Shinya Kimura. Bagaimana cara supaya ketemu feeling-nya, serta agar mesinnya bisa matching dengan aksesori," ujar pria yang akrab disapa Kedux tersebut, kepada Kompas.com, di sela-sela Kustomfest 2019, Minggu (7/10/2019).

Motor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux GarageKompas.com/Donny Motor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux Garage

Untuk aksesorinya, Kedux berusaha untuk membuat sebeda-bedanya, tapi komposisi tampilan tetap semirip-miripnya.

Kedux menjelaskan, ciri khas motornya Kimura lebih rendah, sudut rake-nya agak ke depan, yang umumnya 30 derajat menjadi 38 derajat sampai 40 derajat. Sehingga, memiliki karakter yang sangat kuat dan berbeda.

Baca juga: Pertama Kali di Kustomfest 2019, Ajang Balap Flat Track

"Motor ini 80 persen handmade. Jok dibuat oleh pengrajin kulit di Bali dan proses casting aluminium untuk aksesori dibantu David dari Jogja," kata Kedux.

Kedux menambahkan, motor garapannya ini sebenarnya sudah didesain sejak 2017 lalu. Namun, baru mulai dikerjakan sekitar bulan Maret 2019.

Motor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux GarageKompas.com/Donny Motor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux Garage

Proses perjalanan motor ini sampai jadi cukup panjang. Awal mula, motornya adalah Softail. Tapi setelah jadi, menurut Kedux, malah lebih bagus bodi-bodinya daripada mesinnya. Setelah itu, diganti mesinnya.

"Begitu ganti mesin, kita ubah lagi semuanya, karena tidak cocok. Sebab, mesin Evo kan minimalis dan mesin Pan Shovel agak sedikit klasik," ujar Kedux.

Motor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux GarageKompas.com/Donny Motor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux Garage

Kedux menjelaskan, oleh pemiliknya, motor ini diberi nama Taksaka. Soal biaya yang sudah dihabiskan, ditaksir lebih dari Rp 500 juta. Untuk mesinnya saja, harganya mampu mencapai angka Rp 160 jutaan, di luar girboks dan primary.

Motor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux GarageKompas.com/Donny Motor terbaik Kustomfest 2019 digarap oleh Kedux Garage

Data Spesifikasi Taksaka HD Bobber oleh Kedux Garage:

Sasis: Custom Rigid Gooeseneck Frame by Kedux Garage
Mesin: S&S Pan Shovel 93 Cl
Transmisi: Gearbox Baker 6 Speed in to Four
Primary: BDL Custom by Kedux Garage
Pelek depan: 19×250 Stock
Pelek belakang: 16×300 Stock
Ban depan: Firestone 19×400
Ban belakang: Firestone 16×500
Suspensi: Springer Zero
Rem depan: Drum Brake Stock
Rem belakang: Genuine Stock
Knalpot: Custom by Kedux Garage, Material Bilwell Pipe
Body Work & Painting: Body Work Kustom by Kedux Garage, Material Aluminium
Jok: Custom
Kelistrikan: Electrical Stock dengan Morris 65 Magneto
Lampu depan dan belakang: Old Stock
MID Control: Kedux Garage

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X