Perhatikan Dua Hal Ini, Sebelum Pasang Kaca Film

Kompas.com - 04/10/2019, 11:02 WIB
Ilustrasi proses pemasangan kaca film di Toko Maju Jaya, di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan Kompas.com/DioIlustrasi proses pemasangan kaca film di Toko Maju Jaya, di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan

JAKARTA, KOMPAS.com – Ada hal yang harus diperhatikan sebelum memasang kaca film untuk mobil kesayangan. Apalagi dengan banyaknya produk yang tersedia di pasaran, pasti bisa membuat konsumen bingung dalam memilihnya.

Dalam memilih kaca film, ada dua hal yang harus diperhatikan. Pertama, pemilihan kaca film tentunya menyesuaikan dengan dana yang disiapkan. Kedua, tentukan juga karakteristik kaca film yang diinginkan.

Iin, Owner toko kaca film Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan, mengatakan, kaca film yang baik adalah yang bisa menahan hawa panas dari luar.

Baca juga: Jangan Asal Pilih Kaca Film untuk Mobil

Ilustrasi pemasangan kaca film di toko Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Ilustrasi pemasangan kaca film di toko Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan

Semakin mahal harga kaca film, menurutnya akan semakin baik dalam meredam panas. Sementara, kaca film yang murah kata Iin hanya bersifat menahan goresan, seperti halnya pelindung pada layar smartphone.

“Selain bisa menahan panas, kaca film yang bagus secara tampilan juga membuat penampilan mobil makin terlihat keren,” ujarnya saat disambangi Kompas.com (3/10/2019).

Menurutnya, di pasaran tersedia beragam merek kaca film. Dari yang kisaran harga ratusan ribu sampai jutaan rupiah, tergantung jenis ukuran mobil.

“Kalau di tempat saya itu mulai dari Rp 300.000 sampai Rp 3,6 juta, itu untuk mobil seperti Toyota Rush atau Mitsubishi Xpander. Kalau seperti Honda Brio bisa lebih murah,” kata Iin, yang menjadi penyedia kaca film untuk dealer Honda di Jakarta Selatan.

Baca juga: Ketahui soal Kadar Gelap Kaca Film Mobil

Toko kaca film Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta SelatanKompas.com/Dio Toko kaca film Maju Jaya di Blok M Mall Lt. Basement, Jakarta Selatan

Sedangkan untuk karakteristik kaca film yaitu tingkat kegelapan yang ditawarkan seperti apa. Iin berujar, banyak konsumen yang meminta kaca film gelap untuk dipasang di mobilnya. Padahal gelap terangnya kaca film akan mempengaruhi visibilitas selama berkendara.

“Konsumen banyak yang minta di depan 40 persen, belakang dan samping 80 persen. Kalau menurut saya, depan pakai yang clear atau 20 persen saja, kalau belakang dan samping 60 persen. Itu sudah lumayan gelap,” ucapnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X