Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Teliti Beli Kaca Film, Wajib Tanya Garansi Resmi

Kompas.com - 28/01/2019, 11:42 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kaca film menjadi salah satu aksesori yang punya peran penting pada mobil. Selain melindungi penumpang dari sinar matahari, juga berfungsi untuk menjaga privasi hingga keamanan.

Perlu diketahui, agar tidak merasa dirugikan maka pemilik mobil harus bersikap cerdas ketika memilih kaca film. Faktor utama, jangan sampai kena tipu kaca film palsu atau barang yang beredar di pasar gelap hingga tidak mendapatkan garansi.

Sebab, setiap kaca film yang dijual di distributor resmi sudah pasti akan memberikan garansi pemakaian kepada konsumennya. Terkadang kondisi itu dimanfaatkan oleh pedagang aksesori, misal memalsukan kartu garansi dan lain sebagainya.

Lantas, konsumen harus bagaimana? Menurut CEO Makko Group Christopher Sebastian, paling mudah harus membeli di toko atau pedagang resmi dari masing-masing merek kaca film tersebut.

Baca juga: Tips Jaga Rem Mobil Supaya Lebih Awet

"Setiap merek kaca film pasti memiliki jaringan penjualan yang resmi. Kalau beli di tempat seperti itu sudah pasti aman, tidak akan tertipu soal garansi," ucap Christopher akhir pekan lalu di kawasan Jakarta Barat.

Razi Raziasyah, Division Head Comercial Solution (3M Indonesia) juga mengatakan hal yang sama. Konsumen harus lebih teliti lagi sebelum memutuskan untuk membeli kaca film. Paling penting, tanyakan lebih awal soal ketersediaan kartu garansi.

"Kalau merek 3M sendiri sekarang sudah menggunakan kartu garansi elektronik sehingga tidak mudah untuk dipalsukan. Kalau bentuknya kartu biasa, bisa saja dipalsukan," ucap Razi kepada Kompas.com.

Jadi buat Anda yang punya rencana mengganti kaca film mobil, sebaiknya tanyakan dulu mengenai ketersediaan kartu garansi, hingga diwajibkan membeli di distributor atau toko resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com