Apakah Esemka Mendapat Perlakukan Spesial dari Pemerintah?

Kompas.com - 12/09/2019, 16:38 WIB
Presiden Jokowi bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjajal mobil pickup Esemka Bima di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIPresiden Jokowi bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto menjajal mobil pickup Esemka Bima di pabrik PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka) di Boyolali, Jawa Tengah, Jumat (6/9/2019).
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Peluncuran Esemka Bima pada Jumat lalu (6/9/2019), begitu ramai ditanggapi masyarakat. Sejumlah petinggi negara, termasuk presiden hadir langsung ke PT Solo Manufaktur Kreasi yang berlokasi di Boyolali, Jawa Tengah.

Meski begitu, Kementerian Perindustrian yang acap kali mengakomodir kebutuhan studi Esemka, menolak jika Esemka disebut mendapat perlakuan spesial dari pemerintah.

Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (Imatap) Kemenperin Putu Juli Ardika mengatakan, dalam hal ini pemerintah berperan mempertemukan Esemka dengan produsen komponen mobil dalam negeri.

Baca juga: Kemenperin Ungkap Strategi Esemka Untuk Tingkatkan TKDN

Presiden Jokowi mencoba mobil Esemka di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.Foto: Setpres Agus Suprapto Presiden Jokowi mencoba mobil Esemka di pabrik Esemka di Boyolali, Jawa Tengah.

“Kami sebagai pemerintah, siapapun yang investasi di bidang otomotif tentu kami fasilitasi dengan hal yang sama,” ujarnya saat berbincang dengan wartawan di Jakarta (11/9/2019).

“Kami memfasilitasi pertemuan dengan industri yang bisa mendukungnya. Industri komponen jadi, vendor atau perusahaan yang mungkin bisa meningkatkan TKDN (Tingkat Kandungan Dalam Negeri)-nya,” tambah Putu.

Sementara itu ketika ditanya perihal komponen Esemka yang masih dipasok dari luar negeri, Putu mengaku tak bisa menjawabnya. Sebab dalam hal ini, ia mengatakan dirinya mewakili pemerintah, bukan Esemka.

“Makanya coba kami nanti fasilitasi apa strateginya Esemka, kan banyak yang bertanya-tanya, nanti coba kami fasilitasi,” pungkasnya.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X