Honda Bisa Produksi Satu Unit Skutik dalam 5,5 Detik

Kompas.com - 10/09/2019, 16:14 WIB
Produksi sepeda motor Honda KOMPAS.com/RulyProduksi sepeda motor Honda
|

CIKARANG, KOMPAS.com - Pabrik perakitan sepeda motor Honda di Cikarang, Jawa Barat, disebut mampu memproduksi 9.700 unit skuter matik ( skutik) per hari atau dengan hitungan lain, sekira 404 unit skutik per jam.

Model skutik Honda yang diproduksi di Cikarang antara lain, Honda Vario, BeAT, Scoopy, serta Genio.

Kebutuhan sepeda motor jenis skuter matik (skutik) masih sangat besar di Indonesia. Merujuk data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), kontribusi skutik sampai 84,6 persen dari total penjualan tahunan di tahun 2018.

Oleh sebab itu, tak heran produsen roda dua di dalam negeri berupaya untuk terus meningkatkan produksinya, tak terkecuali PT Astra Honda Motor (AHM).

Baca juga: Rangka Honda Genio Bisa Dipakai Motor Listrik

Kompetisi instruktur keselamatan berkendara diselenggarakan Astra Honda Motor di MedanAHM Kompetisi instruktur keselamatan berkendara diselenggarakan Astra Honda Motor di Medan

"Pada hari kerja (Senin-Jumat), dalam satu hari plant Cikarang mampu memproduksi hingga 9.700 unit, di mana tiap 5,5 detik jadi satu motor," kata Dodi Sutriadi, General Marketing Plant Division AHM Cikarang di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).

"Ada dua bagian yang beroperasi di plant ini, yakni Timur dan Barat. Kontribusinya, yang memiliki empat line bisa produksi sekitar 6.700 unit sehari, sedangkan satunya 3.000 unit," ujarnya.

Baca juga: Sudah Terdaftar, AHM Bakal Bawa Honda Zoomer ke Indonesia?

Lebih jauh, dalam satu bulan (22 hari kerja), ada 213.400 unit skutik yang diproduksi di pabrik tersebut. Sehingga tiap tahunnya, AHM Cikarang bisa mencetak 2.560.800 unit motor.

Kontribusi terbesar masih diperkasai Honda BeAT. Sedangkan skutik terbarunya yaitu Genio, produksi tahunannya mencapai 580.800 unit.

Selain di Cikarang, AHM memiliki dua pabrik perakitan lainnya yang berada di kawasan Sunter, Jakarta dan Karawang, Jawa Barat.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X