Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Skuter Mini Honda Jadi Buruan Kolektor

Kompas.com - 02/09/2019, 12:23 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain motor mini, skuter kecil berkubikasi 50 cc sedang ramai jadi motor mainan pehobi. Geliat skuter ringan itu bisa dilihat di acara Otobursa Tumplek Blek 2019.

Salah satu yang cukup menarik perhatian ialah duet skuter kecil Honda yaitu Honda Squash dan Tact. Bedanya kalau Squash bermesin 2-tak sedangkan Tact mengusung mesin 4-tak ala Honda BeAT.

Baca juga: Melirik Skutik Bongsor Honda Silver Wing di Otobursa Tumplek Blek

Keduanya mejeng dibawa oleh Z(one) Core yang banyak memajang motor unik. Selain Squash dan Tact, gerai ini juga memajang motor mini Motocompo serta skutik roda tiga Honda Gyro.

Honda SquashFoto: Japanese Classic Honda Squash

Honda Squash dan Tact merupakan salah satu dari banyak jenis skutik Honda yang tidak masuk ke Indonesia. Motor-motor ini biasanya dibawa masuk oleh importir umum dan jadi motor mainan.

Honda Squash pertama lahir di Jepang pada 1981. Unitnya sangat mungil, kendati tak sekecil Motocompo. Tampilannya pun imut dengan setang tinggi telanjang. Mesinnya memakai unit 50cc 2-tak.

Sedangkan Honda Tact punya bentuk yang lebih menyerupai skuter pada umumnya. Honda Tact pertama kali hadir pada 1987. Sampai saat ini dia punya beberapa generasi, yang paling baru ialah model 2017.

Honda TactFoto: motorscooterguide.net Honda Tact

Baca juga: Rocks Mini, Komunitas Motor Mini yang Tak Pilih-pilih

Honda Tact cukup populer di Jepang. Sekilas ada yang bilang mirip Vespa atau Lambretta, kendati model-model skuter kecil ini lebih condong ke arah skuter Taiwan, untuk penggunaan harian jarak pendek.

Spesifikasi Honda Tact mengusung mesin 49 cc menghasilkan 5,8 PS di 6.500 rpm dan torsinya 6,5 Nm di 6.000 rpm. Dimensi kompak didukung kaki-kaki memakai ban ukuran 10 inci.

Tertarik? Z(one) Core melepas dua model untuk dipinang. Masing-masing kisaran Rp 30 juta.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com