Rangka Honda Genio Bisa Dipakai Motor Listrik

Kompas.com - 10/09/2019, 15:19 WIB
Tes Honda Genio Foto: Yudi MalehaTes Honda Genio
|

CIKARANG, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan jenis rangka baru untuk sepeda motor. Rangka yang kali pertama digunakan di model Genio ini dinamakan Enhandced Smart Arcitecture Frame (eSAF).

Perbedaan paling kentara di rangka ini adalah susunannya yang seperti sasis mobil, yaitu sasis monokok. Rangka eSAF minim sambungan, juga tak bulat seperti pipa tapi dari pelat yang ditekuk dan dipres.

Alhasil, motor menjadi lebih ringan dan lebih ringkas. Pada sisi pengguna, pengendalian motor menjadi lebih baik, ruang bagasi lebih luas, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Impresi Awal Jajal Honda Genio

 

Rangka eSAF yang dipakai Honda GenioFoto: dok.AHM Rangka eSAF yang dipakai Honda Genio

Di samping berbagai kelebihan yang dimiliki, pihak AHM juga ternyata tak menutup kemungkinan bahwa rangka baru tersebut bisa digunakan untuk produk kendaraan listriknya.

"Kalau ditanya bisa atau tidak dipakai untuk motor listrik, pasti bisa. Rangka itu sifatnya universal, tinggal desainnya saja nanti yang disesuaikan seperti apa karena ada kebutuhan baterai dan kabel lainnya," kata GM Plant AHM Cikarang Dodi Sutriadi di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).

Apalagi, lanjut Dodi, rangka lebih ringan daripada model sebelumnya. Sehingga efisiensi energi menjadi meningkat.

Pada kesempatan sama, Technical Service Division AHM Endro Sutarno juga tak menampik hal tersebut dapat dilakukan. Hanya saja saat ini belum ada pembahasan lebih jauh terkait penggunakan eSAF.

"Pada dasarnya, jenis rangka apa saja bisa digunakan, apalagi eSAF punya banyak kelebihan. Tapi saat ini belum ada diskusi yang mengarah ke sana. Teknologi ini juga masih baru sekali," ujarnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X