Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangka Honda Genio Bisa Dipakai Motor Listrik

Kompas.com - 10/09/2019, 15:19 WIB
Ruly Kurniawan,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

CIKARANG, KOMPAS.com - PT Astra Honda Motor (AHM) memperkenalkan jenis rangka baru untuk sepeda motor. Rangka yang kali pertama digunakan di model Genio ini dinamakan Enhandced Smart Arcitecture Frame (eSAF).

Perbedaan paling kentara di rangka ini adalah susunannya yang seperti sasis mobil, yaitu sasis monokok. Rangka eSAF minim sambungan, juga tak bulat seperti pipa tapi dari pelat yang ditekuk dan dipres.

Alhasil, motor menjadi lebih ringan dan lebih ringkas. Pada sisi pengguna, pengendalian motor menjadi lebih baik, ruang bagasi lebih luas, serta meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Baca juga: Impresi Awal Jajal Honda Genio

 

Rangka eSAF yang dipakai Honda GenioFoto: dok.AHM Rangka eSAF yang dipakai Honda Genio

Di samping berbagai kelebihan yang dimiliki, pihak AHM juga ternyata tak menutup kemungkinan bahwa rangka baru tersebut bisa digunakan untuk produk kendaraan listriknya.

"Kalau ditanya bisa atau tidak dipakai untuk motor listrik, pasti bisa. Rangka itu sifatnya universal, tinggal desainnya saja nanti yang disesuaikan seperti apa karena ada kebutuhan baterai dan kabel lainnya," kata GM Plant AHM Cikarang Dodi Sutriadi di Cikarang, Jawa Barat, Selasa (10/9/2019).

Apalagi, lanjut Dodi, rangka lebih ringan daripada model sebelumnya. Sehingga efisiensi energi menjadi meningkat.

Pada kesempatan sama, Technical Service Division AHM Endro Sutarno juga tak menampik hal tersebut dapat dilakukan. Hanya saja saat ini belum ada pembahasan lebih jauh terkait penggunakan eSAF.

"Pada dasarnya, jenis rangka apa saja bisa digunakan, apalagi eSAF punya banyak kelebihan. Tapi saat ini belum ada diskusi yang mengarah ke sana. Teknologi ini juga masih baru sekali," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com