Tilang Elektronik di Jalur TransJakarta Tidak Butuh Sosialisasi

Kompas.com - 10/09/2019, 12:42 WIB
Kamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik. KOMPAS.com/ GHULAM M NAYAZRIKamera CCTV yang sudah terpasang di Simpang Sarinah Jalan MH Thamrin, untuk implementasi ETLE atau tilang elektronik.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - TransJakarta menggandeng Ditlantas Polda Metro Jaya untuk memakai kamera ETLE di sejumlah koridor jalur TransJakarta guna menindak pelanggar yang masuk jalur busway.

Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Muhammad Nasir mengatakan, kerjasama pemakaian tilang elektonik ini dalam rangka penertiban penggunaan jalur yang mana hanya boleh digunakan oleh bus TransJakarta.

Baca juga: Penerobos Jalur TransJakarta Bakal Tertangkap Kamera E-TLE

"Jadi di luar itu baik kendaraan bermotor roda dua, roda empat dan lainnya, kecuali diskresi kepolisian dilarang masuk. Nanti dalam prosesinya, pelaksaannanya akan memakai kamera yang terintregasi dan dikelola oleh managemen TMC Polda Metro Jaya," kata Nasir kepada Kompas.com, Selasa (10/9/2019).

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Agung Wicaksono, melakukan tugas sebagai petugas sterilisasi jalur untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada hari ini, 4 September 2019 di Halte Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2019). Kegiatan tersebut sebagai bentuk apresiasi PT TransJakarta terhadap pelanggan dalam Hari Pelanggan Nasional 2019.KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) Agung Wicaksono, melakukan tugas sebagai petugas sterilisasi jalur untuk memperingati Hari Pelanggan Nasional yang jatuh pada hari ini, 4 September 2019 di Halte Bundaran Hotel Indonesia, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (4/9/2019). Kegiatan tersebut sebagai bentuk apresiasi PT TransJakarta terhadap pelanggan dalam Hari Pelanggan Nasional 2019.

Dalam keterangan TransJakarta, persiapan pengadaaan, pemasangan dan integrasi sistem elektronik ETLE ditargetkan selesai pada akhir September 2019, sedangkan berlaku penertiban tilang mulai 1 Oktober 2019.

Baca juga: Ribuan Pengendara Kena Tilang ETLE

Karena intinya kerjasama ini untuk melakukan penertiban terhadap pengguna jalur TransJakarta yang bukan semestinya. Maka setelah kesiapan selesai, pengendara atau pengemudi yang melanggar langsung tilang elektronik.

"Tidak pakai sosialisasi, kalau sudah jadi langsung ditindak. Sebelumnya kan begitu, hanya saat ini kan tidak mampu meng-cover seluruh pelanggaran karena keterbatasan personel," katanya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X