Toyota Crown Bekas Mobil Dinas Bisa Dibeli Menteri Tanpa Lelang

Kompas.com - 23/08/2019, 06:12 WIB
Mobil Dinas Menteri Keuangan Sri Mulyani saat terparkir di Kantor Ditjen Bea dan Cukai Jakarta, Selasa (7/8/2018). KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMAMobil Dinas Menteri Keuangan Sri Mulyani saat terparkir di Kantor Ditjen Bea dan Cukai Jakarta, Selasa (7/8/2018).

JAKARTA, KOMPAS.com - Mobil dinas yang dipakai menteri Kabinet Kerja periode 2014-2019, Toyota Crown Royal Saloon bisa dibeli oleh para pembantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. Bahkan, tanpa harus ikut proses lelang.

Kepala Seksi Komunikasi Publik Humas DJKN Kementerian Keuangan Bend Abidin Santosa mengatakan, mobil dinas yang digunakan menteri diberlakukan sistem penjualan berbeda.

Mobil dinas menteri dapat tetap digunakan menteri yang bersangkutan dengan dibeli tanpa melalui prosedur lelang.

Baca juga: Mobil Menteri Harusnya PHEV

Menteri yang bersangkutan dapat membeli dengan syarat tertentu, sesuai Peraturan Pemerintah Nomor 84 Tahun 2014 tentang Penjualan Barang Milik Negara/Daerah Berupa Kendaraan Perorangan Dinas Pasal 2 Ayat (1) dan Pasal 3 huruf J.

"Jika tidak ada pembelian yang sesuai syarat, maka Barang Milik Negara itu dapat dijual melalui mekanisme lelang umum," ujar Bend ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (22/8/2019).

Toyota Crown generasi terbaru menjadi calon mobil dinas menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).KOMPAS.com/Ruly Toyota Crown generasi terbaru menjadi calon mobil dinas menteri Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Usia pakai Toyota Crown Royal Saloon tersebut kurang lebih sudah 10 tahun, sebab mobil itu merupakan warisan dari menteri era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Baca juga: Ketika Toyota Avanza Jadi Mobil Menteri

Selanjutnya menteri kabinet Jokowi-Ma'fur Amin (2019-2024) akan mendapatkan mobil dinas baru. Rumorsnya menggunakan model yang sama, yakni Toyota Crown, namun belum ada informasi resmi mengenai infromasi ini.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X