Ketika Toyota Avanza Jadi Mobil Menteri

Kompas.com - 22/08/2019, 10:06 WIB
Penampilan Toyota Avanza Veloz 2019 yang dipamerkan dalam Festival Avanza Veloz Sebangsa di Medan, Sabtu (10/8/2019). Festival ini digelar hingga besok Minggu (11/82019) dan diisi dengan berbagai bazar, kuliner, permainan anak dan lainnya. DewantoroPenampilan Toyota Avanza Veloz 2019 yang dipamerkan dalam Festival Avanza Veloz Sebangsa di Medan, Sabtu (10/8/2019). Festival ini digelar hingga besok Minggu (11/82019) dan diisi dengan berbagai bazar, kuliner, permainan anak dan lainnya.
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Para menteri pembantu kerja Presiden RI Joko Widodo ( Jokowi) dengan masa kerja 2019-2024 akan segera mendapatkan mobil dinas baru. Total dana dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang dikucurkan mencapai Rp 147 miliar lebih.

Seperti diketahui, mobil dinas para pejabat negara identik dengan mobil mewah layaknya sedan-sedan yang bermain di segmen premium. Namun menariknya, hal tersebut tidak berlaku di Filipina.

Presiden Filipina Rodrigo Duterte yang terpilih sejak 2016 lalu, justru mengeluarkan larangan bagi para menteri di bawahnya menggunakan mobil mewah sebagai kendaraan dinas.

Dilansir dari Asian Correspondent, bila dulunya mobil dinas menteri Filipina minimal sekelas Toyota Camry kini dipangkas menjadi mobil murah.

Baca juga: Para Menteri Jokowi Siap Pakai Mobil Dinas Baru

Duterte mengibaratkan mobil berjenis multi purpose vehicle layaknya Avanza menjadi kendaraan resmi para menteri di kabinet pemerintahannya. Hal ini dilakukan untuk efesiensi anggaran.

Lebih dari 100 sepeda motor dihancurkan pada awal Juni lalu atas perintah Presiden Filipina Rodrigo Duterte. RIDEAPART.com Lebih dari 100 sepeda motor dihancurkan pada awal Juni lalu atas perintah Presiden Filipina Rodrigo Duterte.

"Duterte menginginkan Avanza, karena itu termurah," ucap Pantaleon Alvarez, calon Ketua DPR yang sekaligus merupakan rekan Duterte.

Baca juga: Sejarah Mobil Menteri di Indonesia, dari Merek Amerika Sampai Jepang

Gaya kepimimpinan Duterte memang terkenal keras. Bahkan pada Agustus tahun lalu, Duterte sempat menghancurkan ratusan mobil dan sepeda motor mewah senilai Rp 75,7 miliar yang diketahui merupakan hasil tindak korupsi.

Untuk Toyota Avanza yang dimaksud Duterte, tidak lain merupakan mobil MPV murah yang diproduksi di Indonesia oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM). Diketahui Filipina memang menjadi salah satu negara langganan ekspor MPV sejuta umat ini.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X