[POPULER OTOMOTIF] Mobil Murah Dilarang Pakai BBM Premium | Motor Dovizioso Susah Belok

Kompas.com - 21/08/2019, 06:02 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan saat meninjau kesiapan pasokan BBM di SPBU KM 519B ruas Solo-Ngawi, Sabtu (11/5/2019). KOMPAS.com/LABIB ZAMANIMenteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan saat meninjau kesiapan pasokan BBM di SPBU KM 519B ruas Solo-Ngawi, Sabtu (11/5/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Topik yang menjadi populer di awal pekan ini masih seputar bahan bakar minyak (BBM) oktan rendah seperti Premium, Pertalite, Solar, dan Dexlite yang seharusnya sudah tidak dijual lagi di Indonesia.

Jenis BBM itu dinilai menyumbangkan polusi udara, terutama di DKI Jakarta yang memang sedang konsen terhadap masalah kualitas udara. Belum lagi, turunannya garansi serta mesin rusak ikut menjadi perhatian masyarakat.

Selain itu, Ducati juga mengakui bahwa sepeda motor Andrea Dovizioso sudah belok. Penasaran seperti apa, berikut ini lima berita terpopuler di kanal Otomotif pada Selasa 20 Agustus 2019:

1. Ingat, Mobil Murah Dilarang Konsumsi BBM Premium dan Pertalite

Ilustrasi BBM bersubsidiKOMPAS/RADITYA HELABUMI Ilustrasi BBM bersubsidi

Komite Penghapusan Bensin Bertimbal (KPBB) mengatakan, bahan bakar berkualitas rendah seperti Premium 88, Solar, Dexlite, dan Pertalite 90, ikut menyumbangkan tingginya polusi udara di DKI Jakarta, melalui emisi gas buang kendaraan bermotor.

Oleh sebab itu, Ahmad Safrudin, Direktur Eksekutif KPBB menyarankan agar pemerintah menghentikan produksi dan penjualan keempat jenis bahan bakar minyak (BBM) itu.

Perlu diketahui, sejak regulasi low cost green car/LCGC alias mobil murah terbit pada 2013 sudah dijelaskan bahwa mobil yang masuk dalam kategori itu harus memenuhi spesifikasi BBM minimal Research Octane Number (RON) 92 atau setara Pertamax.

Ketentuan itu juga tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Perindustrian No. 33/M-IND/PER/7/2013, tentang Pengembangan Produksi Kendaraan Bermotor Roda Empat yang Hemat Energi dan Harga Terjangkau (PPKB).

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X