Volvo Trucks Indonesia Siap Konsumsi Solar B30, Tapi dengan Syarat

Kompas.com - 19/08/2019, 07:42 WIB
Biosolar B20 Pertamina Dok. PertaminaBiosolar B20 Pertamina

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau agar konsumsi bahan bakar biodiesel diperluas. Dari yang sekarang ini masih menggunakan solar B20, tahun depan meningkat menjadi B30, dan di akhir tahun 2020 menjadi B50.

Tak sedikit pihak yang pro dan kontra akan pernyataan Presiden Jokowi tersebut. Sebab, banyak yang mengeluhkan biodiesel yang ada sekarang menyebabkan endapan di dalam mesin. Meskipun, emisi yang dihasilkan sangatlah rendah.

Bambang Prijono, CEO PT Wahana Inti Selaras (Indomobil Group), selaku distributor Volvo Truck di Indonesia, mengatakan bahwa mesin Volvo sudah siap sampai jika menggunakan biodiesel B30. Tidak ada masalah, hanya interval servisnya yang diperpendek.

Baca juga: [POPULER MONEY] Menkeu Tolak Kenaikan Tunjangan Direksi BPJS | Biodisel B30 Efektif Tahun Depan

"Di kasus TransJakarta, bus kita sekarang dengan B20, interval servisnya setiap 10.000 km. Kita masuk memang sudah dengan B20. Kalau tidak menggunakan B20, interval servisnya bisa lebih panjang lagi. Kita belum melakukan tes dengan B30 di Indonesia, tapi mesin kita dari pabrik sudah siap dengan B30," ujar Bambang, di Jakarta, Kamis (15/8/2019).

Pemerintah mulai uji coba B30 Pemerintah mulai uji coba B30

Bambang menambahkan, sebenarnya, masalahnya adalah kualitas pencampuran antara solar dengan CPO (Crude Palm Oil/minyak sawit). Blending-nya yang sering kali menjadi masalah. Sehingga, biodiesel tersebut bsia menimbulkan endapan di dalam mesin.

"Jadi, seluruh truk kita semuanya sudah siap sampai B30. Tapi memang ada persyaratan dari Volvo. Kualitas bahan bakarnya itu harus memenuhi standar yang mereka tetapkan," kata Bambang.

Baca juga: Jokowi Ingin Januari 2020 Penggunaan B30 Sudah Bisa Diberlakukan

Menurut Bambang, asalkan kualitas blending-nya bagus, Volvo Trucks menggunakan B100 pun sudah siap. "Tapi itu Euro 6 ya mesinnya. Sementara, kita kan baru Euro 3 mau ke Euro 4," ujar Bambang.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X