Kompas.com - 05/07/2019, 09:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Mengenakan pelindung kepala atau helm saat mengendarai mobil, wajib dilakukan pada saat balapan. Namun, bagaimana hukumnya saat mengendarai kendaraan lain?

Merujuk pada Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, disebutkan bahwa pengemudi wajib menggunakan helm saat membawa kendaraan dalam kondisi tertentu. Hal ini tercantum dalam pasal 57 ayat tiga (3) huruf (f).

Baca juga: Apa Pengemudi Mobil Cabriolet Wajib Pakai Helm?

Kurang lebih bunyinya adalah pengemudi kendaraan bermotor beroda empat atau lebih, yang tidak memiliki rumah-rumah, wajib dilengkapi dengan helm dan rompi pemantul cahaya.

Aturan tersebut diperjelas lagi dalam pasal 106 ayat 6, yang berbunyi, "Setiap orang yang mengemudikan Kendaraan Bermotor beroda empat atau lebih yang tidak dilengkapi dengan rumah-rumah di jalan dan penumpang yang duduk di sampingnya wajib mengenakan sabuk keselamatan dan mengenakan helm yang memenuhi standar nasional Indonesia."

Range Rover Evoque Convertible 2016.jaguarlandrover.com Range Rover Evoque Convertible 2016.

Dengan adanya peraturan tersebut, muncul juga pertanyaan, "Bagaimana dengan pengendara yang mengemudikan mobil-mobil dengan atap terbuka, seperti roadster dan cabriolet atau convertible?"

Kasubdit Penegakan Hukum (Gakkum) Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir, menjelaskan, bahwa aturan itu berlaku hanya untuk kendaraan yang hanya dilengkapi mesin dan rangka saja.

Baca juga: BMW i8 Roadster Dibanderol Rp 3,9 Miliar

"Pengemudi harus menggunakan helm dan rompi yang dapat memantulkan cahaya, karena tidak ada kaca dan bagian depan mobil," ujar Nasir, ketika dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

"Untuk kendaraan terbuka yang didesain oleh pabrik sebagai kendaraan yang tidak menggunakan atap, tetapi sudah ada kaca dan depan mobil, maka tidak perlu menggunakan helm dan rompi seperti yang dimaksudkan pasal dan ayat tersebut," kata Nasir.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.