Sapa Penggemar saat Kualifikasi, Vinales Dihukum Start ke Posisi 6

Kompas.com - 16/06/2019, 09:31 WIB
Maverick Vinales akan start dri posisi ke-11. Foto: AFPMaverick Vinales akan start dri posisi ke-11.

CATALUNYA, KOMPAS.com - Pebalap Yamaha Monster Energy, Maverick Vinales harus menerima hukuman setelah kualifikasi MotoGP, Sabtu (15/6/2019). Pebalap Spanyol tersebut harus merelakan posisinya turun tiga peringkat setelah dinilai berkendara secara sembrono di sesi kualfiikasi kedua.

Padahal Vinales sudah berhasil mengamankan posisi ketiga dan membuat Yamaha terlihat tampil sangat kompetitif di GP Catalunya ini. Vinales harus start dari posisi ke enam pada balapan Minggu (16/6/2019).

Hukuman bagi Vinales ini terjadi karena ia merasa sesi kualifikasi sudah selesai dan kemudian berkendara pelan untuk melambaikan tangan pada para penggemarnya dan melakukan wheelie. Ia tidak sadar di belakang masih ada beberapa pebalap yang tengah mencatatkan waktu tercepat.

“Saya tidak tahu apa yang harus saya katakan. Saya melihat bendera finis jadi saya menyapa para penonton di sirkuit. Lalu saya melihat Fabio (Quartararo) dan saya tidak menyangka. Saya melihat tayangan ulang, bendera finis memang sudah dikibarkan,” ucap VInales dikutip dari Crash.net, Minggu (16/6/2019).

Vinales Selamatkan Muka Yamaha

Meski dihalangi, peristiwa ini tidak berpengaruh banyak pada hasil kualifikasi Quartararo. Pebalap Prancis itu tampil dominan dan mendapat posisi start terdepan.

Setelah berdiskusi dengan kedua pebalap, FIM MotoGP Steward Panel kemudian menghukum Vinales turun tiga grid. Ini membuat hasil start balapan berubah.

Pebalap Petronas SRT Yamaha  Franco Morbidelli naik ke posisi ketiga, Valentino Rossi menjadi di tempat keempat dan Andrea Dovizioso akan start di posisi kelima.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku
Komentar


Sumber Crash
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X