Pemerintah Mulai Uji Coba Solar B30

Kompas.com - 14/06/2019, 13:22 WIB
Pemerintah mulai uji coba B30 Pemerintah mulai uji coba B30
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Pertamina mendukung uji coba penggunaan bahan bakar B30 pada kendaraan bermesin diesel yang digelar di Kantor Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM). B30 sendiri merupakan lanjutan dari implementasi program B20 yang diklaim telah sukses berjalan.

Uji coba B30 dilakukan dengan road test tiga unit truk dan delapan kendaraan penumpang diesel. Kendaraan ini akan dites dengan jarak tempuh 40.000 dan 50.000 km untuk membuktikan bahwa penggunaan B30 pada mesin diesel tidak mempengaruhi kinerja mesin.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fajriyah Usman, mengatakan, sebagai pemegang mandat pemerintah terkait program Biodiesel, Pertamina secara aktif mendukung penuh pelaksanaan uji jalan atau road test B30 dengan menyediakan produk solar sejumlah 66,5 kilo liter.

Baca juga: Tanggapan Scania Terkait Rencana Penerapan Solar B30

"Salah satu dukungan kami adalah turut aktif mensosialisasikan program biodiesel yang diamanatkan kepada pertamina," kata Fajriyah dalam keterangan resminya, Kamis (13/6/2019).

Fajriyah mengatakan, secara infrastruktur Pertamina telah sanggup untuk melayani penyaluran B20 ke masyarakat. Tapi untuk penyaluran B30 diklaim masih membutuhkan beberapa peningkatan dari sisi fasilitas.

Pemerintah mulai uji coba B30 Pemerintah mulai uji coba B30
Sementara itu, Menteri ESDM Ignasius Jonan, mengatakan bila pengujian dilakukan bukan hanya sekadar untuk mengetes saja, tapi juga sekaligus untuk mempromosikannya kepada masyarakat.

Pemerintah akan mewajibkan penggunaan campuran biodiesel 30 persen atau B30 pada kendaraan di 2020, kondisi ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan impor dan juga menyediakan BBM yang lebih ramah lingkungan

Baca juga: Hino Sudah Uji Coba Bahan Bakar B30

"Penggunaan bahan bakar B30 performa termasuk akselerasi kendaraan tidak turun dan perawatannya tidak memakan biaya tambahan yang besar. Sosialisasinya harus yang benar dan faktual," kata Jonan.

Penggunaan B30 ini tidak hanya dilaksanakan pada kendaraan darat bermesin diesel. Dalam waktu dekat, pengujian sejenis juga akan dilakukan pada kereta api, angkutan laut, dan alat berat di pertambangan. Dari mandatori B30 diharapkan konsumsi biodiesel dalam negeri pada 2025 akan meningkat hingga mencapai 6,9 juta kilo liter.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X