Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hino Sudah Uji Coba Bahan Bakar B30

Kompas.com - 12/02/2019, 08:51 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah menghadirkan kebijakan B20 untuk mesin diesel, pemerintah saat ini tengah mempersiapkan bahan bakar B30. Upaya persiapan menyambut standar emisi Euro IV bagi kendaraan diesel di Indonesia.

Hino sebagai salah satu merek kendaraan komersial di Indonesia, mengungkapkan telah siap dengan rencana pemerintah tersebut. Hino bahkan sudah melakukan uji coba dengan bahan bakar B30.

“Kita tahun lalu sudah melakukan uji coba B30. Tinggal kapan pemerintah menerapkan, kita sudah siap dengan mesinnya,” ucap Product Division Head PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI), Prasetyo saat ditemui Senin (11/2/2019).

Prasetyo mengungkapkan dari pengujian tersebut semua mesin Hino dinyatakan siap menenggak bahan bakar B30. Mesin tersebut hanya perlu beberapa penyesuaian pada beberapa perangkat.

Baca juga: Truk Hino Punya ABS dan Makin Aman

“Beberapa part perlu ditingkatkan. Itu tidak susah, cepat kok,” ucap Prasetyo yang menolak mengungkapkan hasil uji coba tersebut.

Direktur Penjualan dan Promosi HMSI, Santiko Wardoyo mengungkapkan pihaknya mendukung pemerintah yang ingin menggunakan bahan bakar bauran 30 persen. Sebab ini juga akan mendukung jalannya bisnis perkebunan yang memanfaatkan kelapa sawit sebagai bahan bakunya.

“Kita saat ini sudah B20 ready, kalau mau B30 juga siap. Tinggal tunggu aturannya dari pemerintah,” ucap Santiko.

Sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor 20 tahun 2017, Euro 4 untuk kendaraan diesel berlaku 2021. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com