Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tanggapan Scania Terkait Rencana Penerapan Solar B30

Kompas.com - 09/04/2019, 11:24 WIB
Aditya Maulana,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang menjalankan uji jalan (road test) penggunaan campuran biodiesel 30 persen (B30). Apabila memenuhi standar maka segera diterapkan tahun ini di Indonesia.

Sebagian besar para produsen truk dan bus di Tanah Air mengaku tidak masalah apabila aturan tersebut segera diterapkan. Salah satunya United Tractors Tbk sebagai distributor tunggal Scania di Indonesia.

Menurut penjelasan Harijadi Mawardi, General Manager PT United Tractors Tbk, perusahaan sudah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi penerapan solar B30 tahun ini.

"Saya rasa, setelah B20 berjalan ke B30 mesin diesel kita tidak ada masalah. Hanya saja kita juga sedang menunggu keputusan itu dari pemerintah," ujar Harijadi belum lama ini di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Baca juga: Tanggapan Fuso Terkait Penerapan Solar B30

Langkah yang sudah diterapkan ketika pemerintah menerapkan penggunaan solar B20 beberapa waktu lalu, Scania sudah melengkapi dua saringan bahan bakar, sehingga tidak masalah apabila menggunakan solar B20.

Biosolar B20 PertaminaDok. Pertamina Biosolar B20 Pertamina

"Kalau kandungan biodiesel itu ada mikroorganisme, itu yang harus dijaga kalau terus berkembang bisa berbahaya. Efeknya hanya kepada penggantian saringan solar yang lebih cepat," kata Harijadi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com