Tanggapan Scania Terkait Rencana Penerapan Solar B30

Kompas.com - 09/04/2019, 11:24 WIB
Mesin Scania yang akan dipasang di rangka sasis truk atau bus Scania. Kompas.com/Egidius PatnistikMesin Scania yang akan dipasang di rangka sasis truk atau bus Scania.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sedang menjalankan uji jalan (road test) penggunaan campuran biodiesel 30 persen (B30). Apabila memenuhi standar maka segera diterapkan tahun ini di Indonesia.

Sebagian besar para produsen truk dan bus di Tanah Air mengaku tidak masalah apabila aturan tersebut segera diterapkan. Salah satunya United Tractors Tbk sebagai distributor tunggal Scania di Indonesia.

Menurut penjelasan Harijadi Mawardi, General Manager PT United Tractors Tbk, perusahaan sudah menyiapkan langkah untuk mengantisipasi penerapan solar B30 tahun ini.

"Saya rasa, setelah B20 berjalan ke B30 mesin diesel kita tidak ada masalah. Hanya saja kita juga sedang menunggu keputusan itu dari pemerintah," ujar Harijadi belum lama ini di kawasan Cakung, Jakarta Timur.

Baca juga: Tanggapan Fuso Terkait Penerapan Solar B30

Langkah yang sudah diterapkan ketika pemerintah menerapkan penggunaan solar B20 beberapa waktu lalu, Scania sudah melengkapi dua saringan bahan bakar, sehingga tidak masalah apabila menggunakan solar B20.

Biosolar B20 PertaminaDok. Pertamina Biosolar B20 Pertamina

"Kalau kandungan biodiesel itu ada mikroorganisme, itu yang harus dijaga kalau terus berkembang bisa berbahaya. Efeknya hanya kepada penggantian saringan solar yang lebih cepat," kata Harijadi.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X