Alasan GIIAS 2019 Dibuat Berseri di 4 Kota

Kompas.com - 15/05/2019, 08:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Penyelengaaraan GIIAS the Series 2019 dibuat berseri di empat kota besar. Tujuan pameran dibuat beberapa kali tersebut diklaim guna mempercepat pemerataan penyerapan penjualan mobil di luar Jawa.

Yohannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo, mengatakan, sebelum tahun 2016, penjualan produk otomotif di Jawa sudah sangat tinggi mencapai 80 persen. Sedangkan sisanya yang hanya 20 persen terbagi rata ke luar Jawa.

"Tujuannya supaya kaki pergerakan revolusi yang begitu cepat bisa kita mulai. Sebab sejak 2016 luar Jawa sudah naik menjadi 40 persen. Ini hal yang menggembirakan karena sesuai fokus pemerintah dan merupakan hal yang bagus," kata Nangoi di Jakarta, Selasa (14/5/2019).

Baca juga: Daftar Merek Otomotif yang Ikut GIIAS 2019 Turun

Nangoi mengatakan, karena dibuat di empat kota besar maka GIIAS the Series 2019 membantu pemerataan penyerapan penjualan mobil di Indonesia. Meski kemudian dia menampik bahwa tujuan utama GIIAS yaitu mengoleksi penjualan dan pengunjung.

"Tentunya kita tidak ingin menjadi Jakarta sentris. Kami ingin pameran yang menyeluruh. Termasuk di Indonesia bagian Barat dan TImur. Karena itu kami buat di Medan dan Makasaar. Tapi tentunya pusatnya tetap di Jakarta," kata Nangoi.

GIIAS the Series 2019 dimulai di kota Surabaya, 29 Maret-7 April 2019 disusul Jakarta pada 18-28 Juli 2019. Setelah itu ke wilayah Timur di Makassar pada 4-8 September 2019, dan ditutup di wilayah Barat di Medan pada 23-27 Oktober 2019.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.