Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2019, 15:24 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menempel action camera di helm umumnya menggunakan lem dua sisi atau double tape. Saat akan melepasnya, biasanya suka ada sisa-sisa atau residu lem yang tertinggal.

Hal ini tentu akan menyebalkan sekali, karena membuat tampilan helm menjadi kotor. Apalgi jika pada residu lem tersebut sudah bercampur kotoran atau debu.

Baca juga: Cara Hilangkan Gores di Kaca Helm

Tugimin, dari Research & Development PT Tarakusuma Indah selaku produsen helm KYT, mengatakan lem pada double tape sifatnya melumer jika terkena panas. Jadi, akan lebih mudah lepas saat dipanaskan.

"Bisa gunakan semacam air hot gun atau panaskan terlebih dahulu bagian lem yang menempel. Jangan terlalu panas dan dekat dengan permukaan helm. Bisa gunakan minyak goreng untuk melepasnya," terang Tugimin, kepada Kompas.com, belum lama ini.

"Jangan gunakan cairan atau pasta yang mengandung solvent, karena beresiko mengikis lapisan cat," sambungnya,

Baca juga: Pilih Cairan Pembersih Kaca Helm yang Tepat

Tugimin juga menambahkan, saat menggunakan air hot gun jangan terlalu dekat dengan permukaan helm. Sebab, performa helm bisa menurun jika kena panas di atas 50 derajat Celcius secara terus menerus.

Irwansyah, Technical Support helm Nolan dari DeRide Store, juga menambahkan bahwa ada banyak cairan yang bisa menghilangkan sisa lem. "Tapi yang sederhana dan aman, bisa dihilangkan dengan minyak kayu putih. Cukup digosok secara perlahan," kata Irwansyah.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com