Cara Hilangkan Gores di Kaca Helm

Kompas.com - 22/04/2019, 12:24 WIB
Visor helm yang bersih membuat penglihatan jadi maksimal.Donny Dwisatryo Priyantoro Visor helm yang bersih membuat penglihatan jadi maksimal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Gores atau lecet pada kaca helm bisa sangat mengganggu visibilitas saat berkendara. Khususnya saat berkendara di malam hari, karena akan membuat bias cahaya lampu yang masuk.

Tugimin, dari Research & Development PT Tarakusuma Indah selaku produsen helm KYT, mengatakan bahwa gores kaca helm atau visor akan susah untuk dihilangkan.

Baca juga: Pilih Cairan Pembersih Kaca Helm yang Tepat

"Meskipun hanya lecetlecet , tetap susah dihilangkan," ujar Tugimin, saat dihubungi Kompas.com, belum lama ini.

Untuk menghilangkan gores kecil pada visor, banyak yang melakukan perbaikan dengan cara menggosoknya menggunakan ampelas halus, setelah itu baru dipoles. Namun, cara ini juga ada dampak negatifnya.

Baca juga: Begini Cara Rawat Kaca Helm saat Musim Hujan

" Visor umumnya sudah diberikan lapisan coating anti gores. Jika menggosoknya dengan menggunakan ampelas tentu akan mengikis lapisan coating tersebut," terang Tugimin.

"Saya sendiri pernah mencoba memolesnya, tapi efeknya visor jadi bergelombang. Jika gores pada visor sudah parah, sebaiknya ganti baru demi keamanan dan kenyamanan berkendara," katanya.

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X