Wuling Almaz Versus CR-V Turbo dan DFSK Glory 580

Kompas.com - 01/03/2019, 08:22 WIB
Wuling Almaz KOMPAS.com / Aditya MaulanaWuling Almaz
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Meski mengaku tak mau "perang", namun kehadiran Wuling Almaz otomatis menjadi pesaing baru bagi para rivalnya yang kebetulan didominasi sport utility vehicle (SUV) menengah merek Jepang. Menariknya, posisi Almaz justru menyerang dari dua sisi, yakni harga dan performa.

Dari segi spesifikasi, melihat Almaz yang menggunakan mesin berkubikasi 1.500 cc dengan sokongan turbo, maka akan bersinggungan dengan Honda CR-V Turbo dan juga DFSK Glory 580. Ketiganya sama-sama punya mesin tanggung yang dilengkapi turbo.

Namun demikian, bila dibandingkan di atas kertas, ternyata performa yang dihasilkan sangat berbeda jauh. Dalam kompetisi performa, CR-V memiliki produksi tenaga yang paling besar.

Baca juga: Wuling Tak Mau Perang dengan Merek Jepang

Wuling Almaz mampu memproduksi tenaga sebesar 141 tk dan torsi 250 Nm. Sementara Honda CR-V Turbo, tenaganya cukup tinggi, yakni tembus hingga 187 tk dengan torsi 240 Nm pada 2.000 sampai 5.000 rpm.

Mesin Wuling AlmazKOMPAS.com / Aditya Maulana Mesin Wuling Almaz
DFSK Glory 580 yang merupakan rekan senegara Almaz juga masih lebih tinggi. Glory mampu menghasilkan tenaga 150 tk, namun dari sisi torsi yang hanya 220 Nm, Glory menjadi yang terbawah dibandingkan Almaz apalagi CR-V.

Geser untuk masalah harga, dengan banderol sebesar Rp 318,8 juta, Almaz juga ikut menyerang beberapa medium SUV Jepang. Pertama adalah adik dari CR-V, yakni HR-V tipe 1.5L E CVT dengan harga jual Rp 317,5 juta.

Honda HR-V 1.5L Special EditionSTANLY RAVEL Honda HR-V 1.5L Special Edition
Perbedaan harga yang hanya selisih tipis, tentu membuat celah bagi Almaz untuk menggoda konsumen HR-V. Apalagi dari segi spesifikasi mesin, Almaz sudah memakai turbo, transmisi CVT, dan fitur kenyamanan serta keamanan yang tak kalah saing dengan HR-V.

Baca juga: Harga Resmi Wuling Almaz Jauh dari Rival Fortuner dan Pajero Sport

Harga Almaz juga ikut menyerang DFSK Glory 580 yang dipasarkan Rp 308 juta. Tapi hal ini tergantung selera konsumen, karena Almaz hanya mampu menampung lima penumpang, sementara Glory datang dengan konsep SUV tujuh penumpang.

Mitsubishi Outlander Sport di IIMS 2017Aditya Maulana - Otomania Mitsubishi Outlander Sport di IIMS 2017
Ketiga, Mitsubishi Oulander Sport. Walau punya kapasitas mesin 2.000 cc, tapi tanpa teknologi turbo serta desain yang tak kunjung mendapat penyegaran besar, menjadi sasaran empuk bagi Almaz menekuk Outlander dari segi harga, terutama untuk varian GLX dengan transmisi manual yang dijual lebih mahal, yakni Rp 330 juta.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X