Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Komparasi SUV China, Glory 580 dan Almaz

Kompas.com - 25/01/2019, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Masyarakat Indonesia kini punya pilihan baru, jika akan membeli sport utility vehicle (SUV) medium. Selain merek asal Jepang dan Korea Selatan, pabrikan China juga mulai menawarkan produk di kelas itu.

Pertama, Dongfeng Sokonindo (DFSK) yang lebih dulu meluncurkan Glory 580 pada 2018, dan kini disusul Wuling melalui model Almaz. Kedua produk tersebut sama-sama menawarkan keunggulan dari berbagai sisi, mulai eksterior, interior, fitur, hingga mesin.

Kali ini Kompas.com mencoba melakukan komparasi dari kedua model wakil dari merek China, berdasarkan data di atas kertas yang dirilis oleh masing-masing pabrikan.

Baca juga: Rival Wuling Almaz Termasuk Kelas Berat

DFSK Glory 580 meluncur di YogyakartaDok. DFSK DFSK Glory 580 meluncur di Yogyakarta

Eksterior

Apabila melihat desain eksterior, baik Glory 580 dan Almaz memiliki perbedaan yang cukup signifikan. DFSK Glory 580 punya tampilan depan dengan grille chrome, bentuk lampu utama melebar sudah proyektor, ditambah sentuhan Day Time Running Lights (DRL). Beberapa mengatakan, kalau tampilan Glory 580 itu mirip desain Rush-Terios lawas, ada juga yang bilang seperti CR-V lama.

Selanjutnya pada bagian belakang, ada lapisan krom di bagian pembuka pintu. Bukan hanya itu, roof spoiler juga sudahdilengkapi high moon stop lamp, plus antena bergaya sirip ikan hiu.

Sementara Almaz, punya desain yang terasa lebih modern, mulai dari grille besar, kedua lampu senja sudah LED dan DRL. Lampu utamanya sudah proyektor LED, terletak di kedua sisi bemper depan, menyatu dengan sapuan garis tegas air dam yang berfungsi mengalirkan udara segar ke ruang mesin.

Bagian atap belakang, menggunakan desain kekinian ala floating roof, sehingga terasa lebih proporsional. Pelek sudah 17 inci, sentuhan spoiler, juga antena bergaya sirip ikan hiu.

Baca juga: Banyak yang Belum Mengerti Fitur Canggih DFSK Glory 580

Wuling AlmazKOMPAS.com / Aditya Maulana Wuling Almaz

Interior

Begitu juga dengan interior, yang sama-sama menawarkan keunggulan mulai desain, hingga penyematan fitur hiburan. Persamaan kedua merek China ini, adalah sama-sama punya kualitas material dasbor yang lebih baik ketimbang merek Jepang di segmen sekelasnya.

DFSK Glory 580 Luxury trim 1.5L turbo CVTKompas.com - Setyo Adi DFSK Glory 580 Luxury trim 1.5L turbo CVT

Bicara Glory 580, bagian jok sudah dibalut bahan semi kulit dan door trim beraksen ala karbon. Headunit dengan LCD 10 inci, kompatibel dengan koneksi internet. Layar ini juga berfungsi menampilkan tangkapan gambar dari kamera depan dan belakang.

Nuansa mewah juga terasa berkat adanya sunroof. Serta kapasitas penumpang mencapai tujuh orang.


Wuling AlmazKOMPAS.com / Aditya Maulana Wuling Almaz

Sementara Almaz, jok sama-sama berbalut bahan semi-leather. Tapi, kualitas meningkat dengan bahan kulit asli yang melekat di lingkar kemudi. Paling menarik, adalah layar besar yang "berdiri" di konsol utama dasbor. Layar sentuh 10,4 inci ini, adalah pusat hiburan dan informasi buat konsumen.

Sistem infotainment ini, diklaim bisa terkoneksi dengan ponsel pintar. Selain mendengarkan musik atau menonton video, layar besar ini juga bisa mengatur suhu pada fitur pengkondisian udara (air conditione/AC).


Fitur

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com