Kemenperin Kirim Lima AMMDes ke Sulawesi Tengah

Kompas.com - 23/01/2019, 08:22 WIB
Kemenperin donasikan 5 unit AMMDes ke Sulawesi Tengah Kemenperin donasikan 5 unit AMMDes ke Sulawesi Tengah
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Lima unit Alat Mekanis Multiguna Pedesaan ( AMMDes) dikirim ke Sulawesi Tengah oleh Kementerian Perindustrian ( Kemenperin). Kelima kerndaraan berjuluk mobil desa itu telah dilengkapi dengan alat pengelola air jernih.

Menurut Menteri Perindustrian ( Menperin) Airlangga Hartanto, kelima AMMDes tersebut akan didistribusikan pada tiga wilayah terdampak gempa di Sulawesi Tengah, yakni Palu, Donggala, dan Sigi.

“Unit AMMDes yang diserahkan diperoleh dari hasil donasi yang dikumpulkan para pegawai di lingkungan Kemenperin. Bantuan ini akan diberikan secara bertahap, semoga dapat bermanfaat dan membantu,” kata Airlangga dalam siaran resminya, Selasa (22/1/2019).

Baca juga: Kaleidoskop 2018, Lahirnya AMMDes Kendaraan Desa Karya Anak Bangsa

Airlangga juga menyampaikan, saat ini AMMDes telah siap memasuki tahap produksi sesuai jadwal yang telah ditetapkan, yakni Januari 2019.

AMMDes siap terbang ke Palu dan Lombok- AMMDes siap terbang ke Palu dan Lombok

Sebanyak 3.000 unit akan dibuat sebagai tahap awal produksi AMMDes. Sedangkan untuk target, diharapakan nantinya bisa ditingkatkan menjadi 15.000 unti per tahun.

"Saat ini AMMDEs siap diproduksi sebanyak 3.000 unit. Untuk harga sekitar Rp 65 juta sampai Rp 70 juta di luar dari aksesorinya. Jadi tergantung dari aksesori kebutuhan, seperti bila memakai pompa harus tambah Rp 3 juta, atau menggunakan rice milling, tambah Rp 7 juta," kata Airlangga.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X