Wajib Lakukan Ini Sebelum Berlibur Pakai Mobil Pribadi - Kompas.com

Wajib Lakukan Ini Sebelum Berlibur Pakai Mobil Pribadi

Kompas.com - 09/12/2018, 13:02 WIB
Suasana di bengkel Auto2000 di Depok pada Kamis (21/12/2017). Jelang libur akhir tahun, banyak pemilik mobil yang mengecek kendaraannya ke bengkel untuk persiapan digunakan ke luar kota.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di bengkel Auto2000 di Depok pada Kamis (21/12/2017). Jelang libur akhir tahun, banyak pemilik mobil yang mengecek kendaraannya ke bengkel untuk persiapan digunakan ke luar kota.

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim libur akhir tahun sudah tiba. Momen ini biasanya banyak dimanfaatkan oleh keluarga untuk berlibur ke luar kota, selain menggunakan transportasi umum, banyak juga yang memakai mobil pribadi.

Perlu diketahui, sebelum melakukan perjalanan jauh, sebaiknya pemilik wajib mengecek kondisi mobil. Tujuan utama, agar selama di perjalanan tidak mengalami hal yang tidak diinginkan, seperti mogok dan lain sebagainya.

Menurut Sapta Agung Nugraha, Kepala Bengkel Auto2000 Bekasi Barat, wajib hukumnya melakukan pengecekan apabila pemilik mobil tersebut jarang melakukan perawatan berkala di bengkel resmi. Tetapi, jika rutin maka tidak masalah.

"Kalau sering melakukan servis berkala, berarti pengecekan komponen seperti ganti oli, tune-up dan lain sebagainya terpantau," kata Sapta kepada Kompas.com belum lama ini.

Baca juga: Masalah yang Kerap Terjadi saat Mobil Dipakai Berlibur

Sapta melanjutkan, itulah fungsi utama dari rutin melakukan servis. Apabila mendadak akan digunakan jalan jauh, bisa langsung pergi, tanpa harus datang ke bengkel dulu untuk melakukan pengecekan.

ilustrasi mobil berturbo di bengkel R Speed.KOMPAS.com / GHULAM M NAYAZRI ilustrasi mobil berturbo di bengkel R Speed.

"Selama mobil dilakukan perawatan rutun dengan servis berkala setiap enam bulan sekali, tentunya siap digunakan untuk perjalanan jauh," ujar Sapta.

Namun, yang perlu dilakukan yaitu setelah pulang dari perjalanan itu wajib datang ke bengkel untuk melakukan pengecekan komponen, agar terpantau masih dalam kondisi normal atau tidak.

"Ini perlu apabila dirasakan ada beberapa bagian yang perlu dilakukan pengecekan, seperti kaki-kaki, absorber dan sebagainya, untuk membuat kondisi kendaraan kembali prima," kata dia.


Terkini Lainnya


Close Ads X