Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jangan Lupa Cek Kondisi Mobil Sebelum Berlibur

Kompas.com - 21/12/2017, 13:28 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Depok, KompasOtomotif - Musim liburan Natal dan Tahun Baru segera tiba. Pergi tamasya ke luar kota biasa merupakan salah satu kegiatan yang menarik untuk mengisi liburan.

Pada musim liburan, tiket pesawat ataupun kereta api biasanya mengalami kenaikan dan cepat habis. Menggunakan mobil sendiri tentu merupakan salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut.

Namun sebelum digunakan untuk bepergian jauh, mengecek kondisi mobil mutlak diperlukan. Tujuannya tentu saja untuk mengantisipasi masalah yang berpotensi terjadi selama di perjalanan.

Baca juga : Mulai Musim Hujan, Jangan Lupa Cek Kondisi Wiper

Suasana di bengkel Sumber Motor di Kalimulya, Depok pada Kamis (21/12/2017). Jelang libur akhir tahun, banyak pemilik mobil yang mengecek kendaraannya ke bengkel untuk persiapan digunakan ke luar kota.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di bengkel Sumber Motor di Kalimulya, Depok pada Kamis (21/12/2017). Jelang libur akhir tahun, banyak pemilik mobil yang mengecek kendaraannya ke bengkel untuk persiapan digunakan ke luar kota.

Untuk mengecek kondisi mobil, pengguna bisa mendatangi bengkel-bengkel terdekat dari rumah. Tidak harus ke bengkel diler, tapi juga bisa ke bengkel non diler.

Pada Kamis (21/12/2017), KompasOtomotif mendatangi bengkel diler dan non diler yang ada di Depok. Masing-masing pengelola bengkel memberikan saran apa saja yang harus dicek dari mobil sebelum digunakan untuk bepergian ke luar kota.

Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City, Deni Andrian menyatakan sebelum digunakan ke luar kota, sebaiknya pemilik mobil melakukan service berkala. Tujuannya agar semua bagian pada mobil dicek. Dengan cara inilah nantinya akan diketahui bagian-bagian mana saja yang perlu mendapat perawatan.

"Kalau bisa dicek semua kan nantinya akan ketahuan bagian mana saja yang sudah harus diperbaiki," ucap Deni.

Baca juga : Memantau Kondisi Kampas dari Rem Tangan

Suasana di bengkel Auto2000 di Depok pada Kamis (21/12/2017). Jelang libur akhir tahun, banyak pemilik mobil yang mengecek kendaraannya ke bengkel untuk persiapan digunakan ke luar kota.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di bengkel Auto2000 di Depok pada Kamis (21/12/2017). Jelang libur akhir tahun, banyak pemilik mobil yang mengecek kendaraannya ke bengkel untuk persiapan digunakan ke luar kota.

Sementara itu, Sumarni yang bertugas di bagian pelayanan konsumen di Sumber Motor, Kalimulya, Depok, menyatakan perawatan yang biasanya dilakukan bengkelnya untuk mobil yang akan dipakai jalan jauh adalah perangkat rem, seluruh perangkat lampu, pergantian oli, spooring, balancing dan tune-up.

"Jadi semua yang terkait dengan aspek keselamatan. Biasanya pemilik mobil yang mau ke luar kota akan selalu kami sarankan untuk mengecek itu," kata Sumarni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com