Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masalah yang Kerap Terjadi saat Mobil Dipakai Berlibur

Kompas.com - 21/12/2017, 14:22 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

 

Depok, KompasOtomotif - Libur panjang Natal dan Tahun Baru akan segera tiba. Seperti liburan panjang lainnya, sangat banyak pemilik mobil yang menggunakan kendaraannya untuk bepergian ke luar kota.

Mengacu pada pengalaman yang sudah terjadi, ada beberapa masalah yang kerap dialami pemilik mobil yang menggunakan kendaraannya untuk berlibur. Hal ini diceritakan para pengelola bengkel diler dan non-diler saat ditemui KompasOtomotif pada Kamis (21/12/2017).

Sumarni, petugas bagian pelayanan konsumen di bengkel Sumber Motor di Kalimulya, Depok, menyebut, masalah yang kerap diadukan pemilik mobil yang datang memperbaiki kendaraannya pasca liburan adalah kopling.

"Kalau habis liburan, konsumen yang datang ke sini kebanyakan pasti langsung memperbaiki kopling," kata Sumarni.

Suasana di bengkel Sumber Motor di Kalimulya, Depok pada Kamis (21/12/2017). Jelang libur akhir tahun, banyak pemilik mobil yang mengecek kendaraannya ke bengkel untuk persiapan digunakan ke luar kota.KompasOtomotif/Alsadad Rudi Suasana di bengkel Sumber Motor di Kalimulya, Depok pada Kamis (21/12/2017). Jelang libur akhir tahun, banyak pemilik mobil yang mengecek kendaraannya ke bengkel untuk persiapan digunakan ke luar kota.

Pendapat Sumarni turut dibenarkan pengelola bengkel lainnya, yakni Kepala Bengkel Auto2000 Grand Depok City, Deni Andrian. Deni menyebut banyaknya kopling yang bermasalah biasanya akibat cara penggunaan yang tidak tepat.

"Seperti misalnya kalau lagi macet di Puncak. Pada saat di Puncak dia tidak biasa main handgrip, koplingnya dibiarkan setengah main. Ini yang membuat koplingnya rusak," kata Deni.

Untuk di Auto2000, Deni menyebut masalah lain selain kopling yang kerap ditemui dari mobil yang dipakai berlibur adalah lecet pada body. Sehabis libur panjang, Deni menyebut permintaan untuk service pengecetan ulang biasanya cenderung naik.

"Karena ada yang kena baret, nyerempet. Di Auto2000 yang seperti itu biasanya habis liburan ada kenaikan," ucap Deni.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com