Motor Supersport Mesin Listrik dari Kymco

Kompas.com - 16/11/2018, 10:53 WIB
Kymco SuperNEX, supersport bermotor listrik dari Kymco dikenalkan di EICMA 2018 Motorcycle.comKymco SuperNEX, supersport bermotor listrik dari Kymco dikenalkan di EICMA 2018

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara motor listrik, saat ini perhatian beralih pada sepeda motor dengan beragam model. Tidak hanya scooter, trail atau motor model sepeda, kini semangat menciptakan model motor listrik sport mulai tumbuh.

Perusahaan asal Taiwan, Kymco, membawa semangat tersebut pada pameran EICMA 2018 di Milan, Italia. Kymco membawa SuperNEX, konsep motor listrik yang ditujukan bagi pengguna motor listrik yang menginginkan kecepatan dan gaya berkendara sporty.

Sekilas motor ini mirip dengan produk MV Agusta. Saat mendesain ini Kymco berfokus pada tiga hal yang kurang dari motor listrik saat ini, suara sporty seperti mesin pembakaran bensin, rasa pergantian gigi transmisi dan kecepatan tinggi.

Dua problem terakhir ini di atasi Kymco dengan memasangkan transmisi enam percepatan pada motor elektrik SuperNEX. Menurut Kymco pengalaman mengganti gigi transmisi adalah elemen vital dari pembuatan motor sport.

ITS Mau Produksi Sepeda Motor Listrik Jarak Dekat

Transmisi ini juga memaksimalkan efisiensi baterai dan responsif motor listrik yang berpengaruh pada akselerasi dan kecepatan puncak yang lebih tinggi. Kymco mengklaim SuperNEX dapat bergerak dari diam hingga 100 kpj dalam waktu 2,9 detik saja.

Untuk suara motor listrik yang senyap, Kymco menggunakan Active Acoustic Motor yang secara dinamis menciptakan suara dari mesin. Suara mesin artifisial ini akan membangkitkan rasa emosional dan respon dari pengendara disamping juga menjadi alat komunikasi untuk menunjukkan kecepatan.

Kymco belum membocorkan spesifikasi motor listrik yang akan digunakan. CEO Kymco Allen Ko mengungkapkan SuperNEX merupakan sebuah supersport. Model motor ini tidak terlalu banyak bicara mengenai unsur kepraktisan dan lebih berkonsentrasi pada sensasi dan emosional yang datang dari motor performa tingginya. 

Kymco SuperNEX, supersport bermotor listrik dari Kymco dikenalkan di EICMA 2018Motorcycle.com Kymco SuperNEX, supersport bermotor listrik dari Kymco dikenalkan di EICMA 2018

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber motorcycle
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X