Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Motor Supersport Mesin Listrik dari Kymco

JAKARTA, KOMPAS.com - Bicara motor listrik, saat ini perhatian beralih pada sepeda motor dengan beragam model. Tidak hanya scooter, trail atau motor model sepeda, kini semangat menciptakan model motor listrik sport mulai tumbuh.

Perusahaan asal Taiwan, Kymco, membawa semangat tersebut pada pameran EICMA 2018 di Milan, Italia. Kymco membawa SuperNEX, konsep motor listrik yang ditujukan bagi pengguna motor listrik yang menginginkan kecepatan dan gaya berkendara sporty.

Sekilas motor ini mirip dengan produk MV Agusta. Saat mendesain ini Kymco berfokus pada tiga hal yang kurang dari motor listrik saat ini, suara sporty seperti mesin pembakaran bensin, rasa pergantian gigi transmisi dan kecepatan tinggi.

Dua problem terakhir ini di atasi Kymco dengan memasangkan transmisi enam percepatan pada motor elektrik SuperNEX. Menurut Kymco pengalaman mengganti gigi transmisi adalah elemen vital dari pembuatan motor sport.

Transmisi ini juga memaksimalkan efisiensi baterai dan responsif motor listrik yang berpengaruh pada akselerasi dan kecepatan puncak yang lebih tinggi. Kymco mengklaim SuperNEX dapat bergerak dari diam hingga 100 kpj dalam waktu 2,9 detik saja.

Untuk suara motor listrik yang senyap, Kymco menggunakan Active Acoustic Motor yang secara dinamis menciptakan suara dari mesin. Suara mesin artifisial ini akan membangkitkan rasa emosional dan respon dari pengendara disamping juga menjadi alat komunikasi untuk menunjukkan kecepatan.

Kymco belum membocorkan spesifikasi motor listrik yang akan digunakan. CEO Kymco Allen Ko mengungkapkan SuperNEX merupakan sebuah supersport. Model motor ini tidak terlalu banyak bicara mengenai unsur kepraktisan dan lebih berkonsentrasi pada sensasi dan emosional yang datang dari motor performa tingginya. 

https://otomotif.kompas.com/read/2018/11/16/105341415/motor-supersport-mesin-listrik-dari-kymco

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke