Suzuki Swift Cuma Raih Dua Bintang Dalam Uji Tabrak

Kompas.com - 10/10/2018, 12:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Lembaga riset keselamatan produk transportasi Global NCAP kembali mengumumkan hasil uji tabrak mereka. Produk terbaru yang menjalani uji adalah Suzuki Swift produksi Maruti Suzuki dari India.

Dari hasil uji tabrak ini, Swift mendapatkan penilaian dua bintang untuk keselamatan secara keseluruhan. Unit yang diuji kali ini sudah mendapatkan standar airbag ganda dan ISOFIX untuk tambahan keselamatan penumpang anak-anak.

Penilaian keselamatan untuk penumpang dewasa, hatchback ini mendapatkan dua bintang. Hasil uji ini karena terdapat tekanan tinggi pada dada pengemudi, struktur yang tidak stabil dan kurangnya perlindungan untuk bagian kaki yang disebabkan pedal di sisi pengemudi.

Untuk penilaian keselamatan penumpang anak-anak, Swift juga mendapatkan dua bintang. Ini karena dari hasil uji dengan boneka penguji terlihat kurangnya perlindungan pada bagian dada boneka.

Baca juga: Kulik Suzuki Swift Hybrid

Dibanding dengan model yang sama untuk pasar Eropa, model untuk pasar India ini tidak begitu bagus di tes tabrakan dari depan. Selain itu model tersebut juga kurang dalam hal fitur keselamatan seperti airbang samping dan ESC (Electronic Stability Control (ESC) yang sudah menjadi standar di Eropa.

"Model terbaru Swift yang dijual di India ini sudah meningkat dan lebih baik dengan hadirnya fitur dual airbag. Ini membuktikan keuntungan dari peraturan pemerintah India dalam hal regulasi uji tabrak. Tapi performa keselamatan Swift untuk Eropa dan Jepang masih lebih baik. Ini artinya masih ada kesempatan terbuka bagi Maruti Suzuki untuk meningkatkan produk Swift miliknya," ucap Global NCAP Secretary General David Ward dalam keterangannya, Rabu (10/10/2018).

Produk Swift sendiri pernah masuk ke Indonesia dan ditawarkan oleh PT Suzuki Indomobil Sales (SIS). Namun sejak 2017, hatchback ini tidak lagi ditawarkan dan posisinya digantikan Baleno hatchback.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.