Xpander Terbakar, Ingatkan Bahaya Modifikasi Kelistrikan di Mobil

Kompas.com - 04/10/2018, 09:02 WIB
Mitsubishi Xpander Terbakar di Pekanbaru, akhir pekan lalu istimewaMitsubishi Xpander Terbakar di Pekanbaru, akhir pekan lalu
Penulis Stanly Ravel
|

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) akhirnya buka suara soal terbakarnya Xpander di Pekanbaru beberapa waktu lalu. Dari hasil investigasi, ditemukan adanya modifikasi pada sektor kelistrikan yang menyebabkan terjadinya hubungan arus pendek alias korsleting.

Kasus terbakarnya mobil akibat kelistrikan bukan sekali dua kali, namun dari peristiwa Xpander bisa ditarik pelajaran bahayanya memodifikasi kelistrikan. Pada umumnya, ada dua modifikasi kelistrikan yang kerap dilakukan pemilik mobil baru, pertama soal pencahayaan atau lampu, dan yang kedua upgrade sistem audio.

Penting diketahui, mengaplikasi lampu aftermarket seperti HID atau memaksimalkan perangkat audio dengan menambah speaker atau power sangat berkaitan dengan kelistirkan. Kehadiran perangkat tersebut secara otomatis juga akan menambah beban pada aki. Paling berisiko lagi bila saat melakukan instalasi sampai membuat jalur listrik baru dengan menambah kabel-kabel baru.

Baca juga: Penyebab Mitsubishi Xpander yang Terbakar di Pekanbaru

"Sebenarnya modifikasi audio pada mobil itu sah saja selama proses pengerjaannya diimbangi sesuai kebutuhan. Contoh bila hanya head unit mungkin masih oke menggunakan aki standar, tapi bila konteks sampai menambaah subwoofer, speaker, dan lainnya harus diimbangi juga dengan kemampuan aki dan alternatornya," ucap Rochim punggawa Chas Audio di MGK Kemayoran, Rabu (3/10/2018).

Paket audio mobil ekstrem, biasanya untuk pemain modifikasi.Donny Apriliananda Paket audio mobil ekstrem, biasanya untuk pemain modifikasi.

Menurut Rochim, bagi pengguna mobil baru yang akan meng-upgrade sistem audio, disarankan mencari workshop spesialis. Karena selain lebih mengetahui seluk beluk kelistrikan sistem audio, pastinya juga sudah ada perhitungan mengenai kapasitas aki standar dengan perangkat audio yang akan diaplikasi.

Untuk modifikasi pencahayaan, sebelumnya sudah pernah dibahas oleh Kompas.com. Paling utama sebenarnya sama dengan memasang audio, yakni memastikan daya pada aki dengan lampu yang akan dipasang.

Baca juga: Sepele, Tapi Bisa Bikin Mobil Terbakar

Ilustrasi mobil terbakarfunnyordie.com Ilustrasi mobil terbakar

Production General Manager Kia Mobil Indonesia (KMI) Arifani Perbowo, menjelaskan modifikasi kelistrikan pada mobil sebenarnya sangat riskan bila penerapannya tidak sempurna. Karena itu, umumnya modifikasi kelistrikan bisa mengugurkan asuransi.

"Pemasangan perangkat aftermarket terkait kelistrikan harus lebih waspada dan teliti, bila tidak fatal akibatnya. Sebenarnya sangat tidak disarnakan memodifikasi sektor kelistrikan, apalagi bila sampai ada penambahan kabel untuk jalur kelistrikan di luar jalur standar yang ditetapkan pabrikan," ucap Arifani beberapa waktu lalu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X