Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Moge Baru Suzuki di Intermot 2018

Kompas.com - 03/10/2018, 07:02 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang pameran otomotif roda dua Intermot 2018 kembali berlangsung di Cologne, Jerman. Pameran yang didahului dengan press day ini memperlihatkan produk-produk terbaru dari produsen roda dua di seluruh dunia.

Salah satunya Suzuki yang langsung tancap gas memperkenalkan dua produk andalan, keduanya bergenre motor gede alias moge. Pertama adalah Katana, sepeda motor yang generasi sebelumnya pernah hadir di tahun 1981 dan diperlihatkan sebagian konsep Katana 3.0 pada ajang EICMA 2017.

Katana hadir dengan desain modern dengan penggunaan LED pada headlamp dan day time running light yang mempertajam wajah motor ini. Di bagian belakang terdapat stop lamp LED dengan gantungan plat nomor terpisah di bagian bawah memeluk roda belakang sebagai spatbor.

Motor dengan tinggi tempat duduk 825 mm ini menawarkan posisi berkendara semi touring yang cukup nyaman. Tampilan retro hadir dari huruf Suzuki di bagian tangki namun diikuti dengan garis desain yang agresif termasuk di bagian fairing.

Motor yang didesain oleh Rudolfo Frascoli dan dibangun oleh Engines Engineering ini dibuat dari frame yang sama dengan GSX-S1000 dan dengan bobot seringan GSX-R1000. Suspensi depan menggunakan upside down 43 mm yang dapat diatur juga dengan suspensi belakang dari KYB.

Baca juga: Suzuki Bangkitkan Lagi ”Katana” dan ”Gamma”

Suzuki Katana 2019 dikenalkan di Intermot 2018Suzuki Suzuki Katana 2019 dikenalkan di Intermot 2018

Rem monoblok di depan menggunakan cakram berukuran 310 mm dari Brembo, sama seperti yang digunakan pada GSX-R1000. Fitur ABS disediakan oleh Bosch.

Mesin empat silinder 999 cc milik GSX-R1000 K5 digunakan di Katana dengan sedikit settingan untuk penggunaan di jalan raya. Hasilnya, mesin ini mengeluarkan tenaga hingga 150 tk pada putaran 10.000 rpm dan torsi 108 Nm pada putaran 9.500 rpm.

Ada tiga mode kontrol traksi yang diberikan pada motor ini tergantung dengan kondisi jalan dan cuaca. Sistem ini dapat mengatur dan mendeteksi putaran roda untuk mencegah tenaga yang berlebihan sehingga membuat pengendaraan semakin nyaman.

Pemilihan mode ini dapat dilakukan melalui dashboard dengan layar LCD yang berisi aneka informasi seperti takometer, odometer, trip, posisi gigi, temperatur, bensin, konsumsi bensin rata-rata, lap time, dan kondisi voltase baterai.

Baca juga: Bandit 150 Tak Ganggu Produksi Model GSX Lain

Suzuki Katana 2019 dikenalkan di Intermot 2018Suzuki Suzuki Katana 2019 dikenalkan di Intermot 2018

Pembaruan GSX-R1000

Suzuki juga membawa pembaruan motorsport mereka yakni GSX-R1000. Untuk model 2019 terdapat swingarm yang dapat di atur untuk kebutuhan balap serta kabel rem yang terbuat dari stainless.

Teknologi penggantian transmisi bi-directional quickshifter dan auto blipper sekarang menjadi standar di model 2019. Teknologi ini memudahkan pengendara mengganti transmisi baik saat gigi naik maupun turun.

Katana dan GSX-R1000 ini akan hadir di pasaran musim semi tahun depan.

Suzuki membawa penyegaran GSX-R1000 di Intermot 2018Suzuki Suzuki membawa penyegaran GSX-R1000 di Intermot 2018

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com