Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Suzuki Bangkitkan Lagi ”Katana” dan ”Gamma”

Kompas.com - 06/01/2015, 13:20 WIB
Donny Apriliananda

Penulis

Hamamatsu, KompasOtomotif – Suzuki menunjukkan agresivitas untuk memulai tahun ini dengan produk yang menggebrak dunia. Bersamaan dengan rumor bakal diproduksinya Recursion Concept, sepeda motor dengan mesin turbo, produsen asal Jepang itu juga terindikasi membangkitkan kembali ikon nama ”Katana” serta ”Gamma”.

Logo dan nama Katana diajukan untuk dipatenkan di kantor pematenan Amerika dan Eropa. Sementara logo Gamma masuk daftar yang akan dipatenkan di Uni Eropa. Entah untuk penggunaan sepeda motor baru atau hanya pematenan nama, usaha Suzuki ini masih diperdebatkan.

Dilansir Visordown (6/1/2014), pematenan nama ini akan digunakan untuk sepeda motor dan aksesori, atau yang berhubungan dengan hal tersebut. Bisa jadi, nama Katana dan Gamma akan dipakai untuk menghidupkan konsep Recursion, meski hal ini masih belum bisa diyakini 100 persen.

Nama Katana memang sudah pernah dipakai Suzuki pada sepeda motor di era 1970-an hingga 1980-an untuk berbagai model. Mulai dari tunggangan bermesin 500cc, 650, 750, hingga 1.000. Model-model Katana di eranya cukup membawa Suzuki melambung, khusus di pasar Eropa.

Wikipedia Suzuki RG500 Gamma, ikon sepeda motor 2-tak Suzuki di era 1980-an.

Sementara itu, model dengan kode Gamma juga tampaknya akan muncul kembali. Gamma juga menjadi salah satu ikon sukses Suzuki saat menghadirkan model RG500 di era 1980-an. Sepeda motor 2-tak ini berbau balapan dengan aura sporty yang sangat kental.

Jika Katana dan Gamma muncul lagi, artinya Suzuki tak mau main-main dengan produk barunya. Nama legenda diharapkan mampu mendongkrak popularitas dan mengejar ketertinggalan dengan kompetitor di seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com