Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mesin Matik Ini Cocok buat Restorasi Skuter Klasik

Kompas.com - 18/09/2018, 19:42 WIB
Alsadad Rudi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Skuter klasik sejatinya adalah sepeda motor tua dengan masa pakai relatif lama. Seperti kendaraan pada umumnya, biasanya semakin tua usianya, semakin rentan pula terhadap kerusakan tiba-tiba. D isamping itu, suku cadangnya juga relatif susah didapat.

Bagi yang berminat memiliki skuter klasik, namun enggan menghadapi resiko masalah mesin, cara yang dilakukan kolektor skuter bernama Dodit Redjasa ini mungkin bisa jadi pertimbangan.

Dari 20 skuter koleksinya, ada beberapa skuter klasik yang diganti mesinnya dengan mesin matik milik Piaggio Zip. Contohnya seperti pada dua unit Fuji Rabbit dan satu unit Vespa klasik.

Piaggio Zip adalah skutik bermesin 100cc buatan Piaggio, merek yang masih satu payung dengan Vespa. Dibanding produk-produk Vespa dan Piaggio era modern lainnya, harga Zip bisa dibilang relatif murah. Dodit bahkan pernah mendapatkan Zip dengan harga sekitar Rp 7,5 juta.

Baca juga: Meski Jarang, Skutik Mungil Ini Punya Komunitas

Salah satu Piaggio Zip yang sedang diservis di salah satu bengkel Piaggio di Jakarta.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu Piaggio Zip yang sedang diservis di salah satu bengkel Piaggio di Jakarta.
Tidak hanya itu, Zip juga bukan motor yang masuk daftar buruan kolektor. Jadi tidak begitu masalah bila hanya mengambil mesinnya, dan membuang begitu saja bodinya.

"Kira-kira motor apa lagi yang budgetnya murah tapi bukan skutik Jepang," ujar Dodit kepada Kompas.com, Selasa (18/9/2018).

Selain murah, Dodit menyebut ukuran pelek Zip juga masih sama seperti skuter-skuter klasik. Jadi selain mesin, peleknya juga masih bisa dimanfaatkan.

Baca juga: Ternyata, Subaru Pernah Punya Skuter Klasik

"Tadinya sempat mau pakai Vario atau Beat, tapi peleknya kan gede. Jadi tidak klasik," pungkas pria yang juga ketua komunitas 946 Owner Club Indonesia ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com