Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekilas tentang Piaggio, Skuter Italia "Rasa Jepang"

Kompas.com - 29/01/2018, 15:49 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

Depok, Kompas.comPiaggio dikenal identik dengan Vespa. Namun, tidak semua semua produk Piaggio adalah Vespa.

Piaggio sendiri adalah sebuah produsen sepeda motor asal Italia yang membawahi beberapa merek, antara lain Aprillia, Derbi, Vespa, dan merek yang memiliki nama sama dengan perusahaan induknya, Piaggio.

Seperti halnya Vespa, Piaggio juga merupakan merek sepeda motor yang khusus bermain di segmen skuter matik. Meski sama-sama skutik, Piaggio memiliki beberapa ciri-ciri yang berbeda dengan Vespa. Perbedaan ini terlihat jika diperhatikan dengan saksama. 

Baca juga: Kedatangan Honda SH150i Jadi Berkah Piaggio Medley

Salah seorang mekanik di bengkel resmi Vespa dan Piaggio berceletuk bahwa ciri-ciri Piaggio lebih identik dengan skutik pabrikan Jepang. "Medley sama Liberty ini Vespa yang rasa Jepang," ujar mekanik tersebut saat ditemui pada Kamis (25/1/2018).

 

Salah satu Piaggio Medley (kanan, merah) yang sedang diservis di bengkel resmi Piaggio Depok, Kamis (25/1/2018). Tampak Medley memiliki ukuran ban yang lebih besar dibanding Vespa yang ada di sebelahnya.Kompas.com/Alsadad Rudi Salah satu Piaggio Medley (kanan, merah) yang sedang diservis di bengkel resmi Piaggio Depok, Kamis (25/1/2018). Tampak Medley memiliki ukuran ban yang lebih besar dibanding Vespa yang ada di sebelahnya.

Hal pertama yang membedakan antara Piaggio dan Vespa adalah ukuran roda. Vespa menggunakan pelek diameter 11 dan 10 inci, sedangkan Piaggio menggunakan ukuran 16 dan 14 inci untuk Medley serta 15 dan 14 inci untuk Liberty.

Kondisi tersebut membuat ukuran roda Piaggio lebih tinggi dibanding Vespa. Pelek 14 inci adalah ukuran yang banyak dipakai skutik pabrikan Jepang, contohnya pada Honda Vario atau Yamaha Aerox.

Selain roda, perbedaan lainnya terletak pada penggunaan suspensi, baik di depan maupun belakang. Pada Vespa, suspensi depan dan belakang mengadopsi model lengan tunggal, sedangkan Piaggio menggunakan model lengan ganda. 

Piaggio Medley 150 ABSOtomania/Setyo Adi Piaggio Medley 150 ABS

Suspensi lengan tunggal yang diadopsi di Vespa LX 125Kompas.com/Alsadad Rudi Suspensi lengan tunggal yang diadopsi di Vespa LX 125

Di Indonesia, Piaggio dijual dalam dua varian, yakni Liberty dan Medley. Seperti halnya Vespa, Piaggio Liberty dan Medley juga didistribusikan oleh Piaggio Indonesia.

PR and Communications Manager Piaggio Indonesia Robby Gozal mengatakan, Piaggio dan Vespa adalah dua merek yang mengusung karakteristik berbeda. Jika Vespa lebih identik dengan gaya hidup, Piaggio lebih untuk menunjang kegiatan sehari-hari.

"Keduanya dua brand yang sama sekali berbeda. Jadi tidak bisa dibilang Piaggio itu Vespa dengan ban besar," kata Robby kepada Kompas.com, Senin (29/1/2018).

Berbeda dengan produk-produk Vespa yang sebagian merupakan penyegaran dari generasi lawas, Liberty dan Medley merupakan motor yang sudah lahir di era modern. 

"Vespa dengan historical dan desain ikonik-nya yang memang sampai saat ini dipertahankan. Sementara Piaggio tidak mengikut Vespa karena lebih ke functionality daripada lifestyle," ucap Robby.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com