Proton Mau Jualan Lagi di Indonesia - Kompas.com

Proton Mau Jualan Lagi di Indonesia

Kompas.com - 13/09/2018, 08:22 WIB
Proton.Ghulam/KompasOtomotif Proton.

JAKARTA, KOMPAS.com - Proton Edar Indonesia (PEI) sudah beberapa tahun belakang tidak eksis lagi di pasar otomotif nasional. Model yang ditawarkan seperti Exora, hingga Iriz tidak mendapatkan perhatian positif dari masyarakat, sehingga secara persaingan kalah dengan merek lain.

Apalagi di Indonesia didomonasi oleh merek asal Jepang seperti Toyota, Mitsubishi, Honda, Daihatsu, hingga Suzuki. Tetapi, kondisi tersebut tidak membuat merek lokal Malaysia itu patah arang, untuk terus berkompetisi lagi.

Informasi yang Kompas.com dapat, merek otomotif asal negeri Jiran itu akan kembali bangkit. Bahkan akan membawa produk terbarunya yang merupakan hasil kolaborasi dengan Geely, yaitu Proton X70, yang resmi dijual di Malaysia akhir tahun ini.

Baca juga: SUV Ini Jadi Modal Baru Proton dan Geely

Rully Septiadi, Head of Marketing PEI tidak menampik kabar tersebut. Menurut dia, perbincangan ke arah itu sudah ada antara PEI dengan prinsipal, tetapi tidak dalam waktu dekat.

“Jadi kemungkinan tahun depan kita akan mulai berjualan lagi di Indonesia,” ujar Rully ketika dihubungi Kompas.com, Rabu (12/9/2018).

Sport Utility Vehicle (SUV) X70, kata Rully kemungkinan akan menjadi salah satu model yang akan dibawa ke Indonesia. Selain itu, model lain juga telah disediakan untuk diperkenalkan ke masyarakt Indonesia.

SUV Proton X70Paultan SUV Proton X70

“Tetapi kita tidak tahu kapan waktunya. Informasi yang saya bisa kasih tahu, kalau sesuai rencana tahun depan,” kata Rully.

Tahun lalu, Zhejiang Geely Holding Group, induk Geely Automobile yang berbasis di Hong Kong dan Volvo Car Group Swedia, telah mengakuisisi 49 persen Proton.


Komentar
Close Ads X