Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SUV Pertama Proton Meluncur Akhir 2018

Kompas.com - 03/04/2018, 07:02 WIB
Aditya Maulana,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

Kuala Lumpur, KOMPAS.com - Zhejiang Geely Holding Group, induk Geely Automobile, telah mengakuisisi 49 persen saham Proton. Investasi Geely itu, akan membantu merek asal Malaysia untuk meningkatkan penjualan di luar negeri dan memulihkan eksistensi secara global.

Teknologi milik Geely yang ditawarkan, diharapkan bisa mengangkat penjualan Proton di pasar right hand-drive (mobil setir kanan) termasuk Malaysia, Inggris Raya, India dan Australia.

Usai mengakuisisi, model pertama yang diluncurkan, yaitu sport utility vehicle (SUV). Menurut informasi akan meluncur akhir tahun ini, dan sekarang sedang melakukan survei untuk pemilihan nama.

Diberitakan laman paultan.org, Selasa (3/4/2018) masyarakat diminta berpartisipasi dalam menentukan nama SUV pertama Proton. Pilihan namanya, yakni X7, PX7, X70, dan X700.

Baca juga: Ini Detail Kerjasama Proton dan Geely

Model tersebut sudah lebih dulu dijual di China oleh Geely dengan nama Boyue. Secara tampilan dipastikan mirip, tetapi tetap punya perbedaan mulai dari emblem, hingga bentuk gril, bemper depan hingga belakang.

Secara spesifikasi, belum ada data resmi tetapi kemungkinan besar menggunakan mesin bensin empat silinder berkapasitas 1.800 cc yang dilengkapi dengan turbocharger. Jantung pacu itu mampu menghasilkan tenaga 185 ps dan torsi 285 Nm.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com