Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Pakai Tas yang Aman saat Berkendara Sepeda Motor

Kompas.com - 11/09/2018, 09:32 WIB
Setyo Adi Nugroho,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Tas menjadi barang wajib para pengguna motor. Penggunaan tas memudahkan pengendara motor membawa keperluan tambahan untuk beraktivitas sehari-hari.

Namun kerap kali tas juga menjadi sumber bencana bila tidak dikenakan dengan benar. Defensive Driving Trainer Sentul Driving Center Rudy Novianto mengungkapkan beberapa cara penggunaan tas bagi pengendara motor.

"Ini perlu diperhatikan sebab sepeda motor itu kendaraan yang mudah berubah arah, titik berat, keseimbangan dan sebagainya. Jadi perlu diperhatikan barang-barang bawaan pengendara," ucap Rudy saat dihubungi Senin (10/9/2018).

Tas selempang misalnya, Rudy menyarankan bila ukurannya tidak besar, dapat ditaruh di bagasi motor di bawah jok. Saat ini beberapa tipe motor, bagasi ini cukup luas untuk menyimpan tas, jas hujan dan kunci-kunci peralatan motor.

Baca juga: Menhub Minta Pengendara Kurangi Kecepatan

Tas punggung atau backpack juga perlu perhatian. Perhatikan tali temali yang ada di tas agar tidak menyangkut ke kendaraan lain di jalan.

Tas tote bag yang biasa digunakan pengendara perempuan, memiliki kecenderungan mudah jatuh dari pundak. Hal ini akan mengganggu konsentrasi pengendara karena terus membenarkan posisi tas.

"Nah ini bisa membuat motor berubah arah lalu mengakibatkan kecelakaan. Jadi perlu diperhatikan," ucap Rudy.

Rudy mengungkapkan semaksimal mungkin pengendara menggunakan bagasi motor untuk meminimalkan hal-hal yang menggangu atau menyebabkan kecelakaan. Penyimpanan tas juga menyebabkan terhindar dari tindak kriminal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com