Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluasan Ganjil-genap Diputuskan Berlanjut

Kompas.com - 31/08/2018, 18:53 WIB
Stanly Ravel,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Perluasan sistem ganjil-genap di jalan arteri akhirnya resmi berlanjut meski gelaran Asian Games 2018 usai pada 2 September mendatang. Namun begitu adda beberapa perubahan dalam proses penerapannya.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Andri Yansyah, mengatakan, bahwa perluasan ganjil genap pada jalan arteri tetap diberlakukan hingga perhelatan Asian Para Gemes selesai pada 13 Oktober 2018 mendatang.

"Tadi kita tetapkan kalau ganjil-genap di ruas jalan arteri terus berlanjut sampai Oktober nanti. Jadi Asian Games selesai, ganjil-genap tetap jalan," ucap Andri saat dihubungi Kompas.com, Jumat (31/8/2018).

Baca juga: Polisi Sarankan Perluasan Ganjil-Genap Tetap Berlanjut

Meksi tetap diberlakukan pada pukul 06.00 WIB sampai 21.00 WIB, namun menurut Andri ada beberapa metode penyesuaian yang ikut diterapkan. Contohnya, pelaksanaan ganjil-genap hanay berlaku pada Senin-Jumat, sementara hari Sabtu dan Minggu tidak.

Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya memberhentikan mobil berpelat nomor genap yang memasuki Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Petugas Ditlantas Polda Metro Jaya memberhentikan mobil berpelat nomor genap yang memasuki Jalan Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (1/8/2018). Petugas kepolisian mulai memberlakukan penindakan berupa tilang terhadap pengendara mobil yang melanggar di kawasan perluasan sistem ganjil-genap.

Pada hari-hari libur besar atau nasionnal, aturan Ganjil-Genap juga ditiadakan. Selain itu juga nantinya ganjil-genap tidak diberlakukan pada persimpangan serta pintu masuk dan keluar tol.

"Untuk ruas jalan ada juga yang kita sesuaikan, jadi nanti Jalan Metro Pondok Indah dan Benyamin Sueb tidak diikutkan dalam ganjil-genap, normal saja," ucap Andri.

Meski demikian, khusus untuk di Benyamin Sueb, saat gelaran Asian Para Games akan dimulai pada awal Oktober nanti akan kembali menerapkan ganjil-genap. Hal ini dikarenakan letak wisma atlet yang ada di sana.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com